5+ Contoh Resensi Buku Ilmiah Non Fiksi Lengkap

Konten [Tampil]
Contoh Resensi Buku Ilmiah

Pada tulisan kali ini akan di sajikan 5+ contoh resensi buku ilmiah non fiksi. Namun selain itu sebelumnya akan diuraikan terlebih dahulu seluk beluk mengenai resensi buku, mulai dari definisi resensi buku, tujuan menulis resensi buku, manfaat resensi buku dan cara menulis resensi buku dan tentu terakhir tentu contoh resensi itu sendiri khususnya contoh resensi buku ilmiah non fiksi.

Apa itu Resensi Buku ?

Resensi dapat diartikan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam menilai atau memberikan ulasan terhadap buku yang telah ia baca. Dalam Bahasa latin kata resensi ini memiliki arti sebagai kegiatan “melihat kembali, menimbang, atau menilai.” Artinya disini dalam menulis sebuah resensi seseorang harus memberikan review atau pandangan, penilaian, kritik dan juga menceritakan kembali apa yang telah ia baca pada buku tersebut.

Menilik dari definisi resensi pada paragraf sebelumnya, maka sebuah resensi dapat ditulis dengan menggunakan sudut pandang dan penilaian secara personal sesuai dengan pengalaman seseorang tersebut terhap buku yang bersangkutan.

Tujuan dan Manfaat Resensi 

Sebuah teks resensi pada umumnya disajikan dengan tujuan untuk memberikan gambaran kepada orang yang membacanya tentang informasi buku. Dengan membaca resensi buku diharapkan seseorang dapat mengetahui hal-hal penting terkait buku tersebut. 

Manfaat resensi dapat berbeda-beda bagi setiap orang tergan Bagi orang yang membaca resensi buku. Bagi seseorang yang menulis resensi dapat memberikan manfaat sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas. Hal karena kegiatan menulis resensi melibatkan berbagai proses kreatif dalam diri seseorang.

Bagi penulis atau penerbit buku resensi dapat bermanfaat sebagai media untuk mempromosikan buku-buku terbaru kepada masyarakat. Karena melalui teks resensi akan menjadi sebuah pancingan untuk membeli buku tersebut. 

Bagi pembaca sebuah teks resensi dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli buku.

Cara Menulis Resensi Buku Ilmiah

Untuk menulis sebuah resensi diperlukan beberapa informasi dasar terkaitan buku yang akan dibahas. Agar mengetahui tentang bukku tersebut maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membaca buku yang akan diresensi, disarankan untuk mecatat bagian-bagian yang dianggap penting agar tidak terlewat.

Secara sederhana hal-hal yang harus ada dalam teks resensi meliputi:

  1. Identitas buku
    - Judul buku
    - Pengarang
    - Penerbit
    - Tahun terbit
    - Tempat terbit 
    - Tebal buku
    - Harga buku
  2. Sinopsi sekaligus isi buku
  3. Penilaian (kelebihan dan kelemahan)

Contoh Resensi Buku Ilmiah Pembelajaran

Identitas Buku ilmiah

Contoh resensi buku ilmiah

Judul Buku : Pengembangan Media Pembelajaran
Pengarang : Dr. Sukiman, M.Pd
Penerbit : Pedagogia
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2012
No ISBN : 978-602-7515-02-4
Ukuran Buku : 14,8 x 21 cm
Jumlah Halaman : 264 Halaman

Sinopsis dan Isi Buku 

Sesuai dengan judulnya buku ilmiah yang akan diresnsi ini Pengembangan Media Pembelajaran ini merupakan buku yang berisi pedoman dalam mengembangkan suatu media pembelajaran dengan baik dan benar.

Penulis Buku ini membagi pembahasan dalam enam bab. Bab pertama berisi konsep dasar teknologi pendidikan. Pada bab kedua dibahas menganai konsep dasar media pendidikan. Selanjutnya bab betiga menjelaskan tentang prosedur pengembangan media pendidikan. Bab keempat membahas tentang pengembangan media berbasis visual. Bab kelima membahas tentang pengembangan media berbasis audio dan audio visual. Bab keenam membahas tentang pengembangan media berbasis Komputer

Kelebihan dan Buku

Buku Ilmiah Pengembangan Media Pembelajaran Pengembangan ini cocok dibaca oleh mahasiswa jurusan pendidikan dan guru agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang sesuai untuk kebutuhan peserta didik. Pembahasan dalam buku ini sesuai dengan kebutuhan praktis di lapangan, penjelasannya juga mudah dipahami oleh pembaca. 

Namun, satu yang menjadi kekurangannya, yaitu media yang dijelaskan bukanlah media yang dapat dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang akan mengurangi pembiyayaan dalam pembuatan media.

Contoh Resensi Buku Ilmiah Metode Penelitian

Identitas Buku

Resensi Buku Ilmiah

Judul Buku                : Metode Penelitian Survei
Pengarang                  : Morissan, M.A
Penerbit                      : KENCANA
Tahun Tebit               : Oktober, 2016
Cetakan                      : Ke-4 (empat)
Dimensi buku            : 15 x 34cm 
Tebal halaman           : xii, 434 hlm
ISBN                           : 978-602-8730-99-0

Sinopsis dan Isi Buku

Buku Ilmiah Metode Penelitian yang berjudul Metode Penelitian Survei ini adalah buku pengetahuan tentang metode metode penelitian survei yang bertujuan untuk memberikan literatur secara akademik atau profesional kepada peneliti. Buku ini berisi 10 bab yang sangat lengkap tentang metode penelitian dan ilmu-ilmu pendukungnya.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Buku ini ditulis secara sistematis dan menjelaskan secara detail langkah langkah metode penelitian survei. Namun sayangnya buku ilmiah yang menjelaskan metode survei ini tidak menyertakan contoh penerapannya.


Contoh Resensi Buku Ilmiah Sosiologi

Identitas Buku

Judul: Sosiologi Pendidikan Teori dan Kajian
Penulis: Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si
Editor : Dr. Ija Suntana, M.Ag
Kata Pengantar : Prof. Dr. A. Tafsir & Prof. Dr. H. Afifuddin, MM.
Cetakan : 1 (Pertama)
Tahun : Januari 2011
Penerbit : Sahifa
Cetakan : 2 (dua)
Tahun : 2012
Penerbit : Pustaka Hidayah
ISBN : 978-602-95442-0-6

Sinopsis dan Isi Buku

Buku ilmiah sosiologi ini menjelaskan tentang banyak hal tentang sosiologi pendidikan. Dengan berisikan 8 bab yang mengupas secara menyeluruh yaitu hakikat sosiologi pendidikan, paradigma ilmiah sosiologi pendidikan, analisis sosiologi tentang sistem pendidikan, ilmu pengetahuan dalam perspektif sosiologis, guru dalam perspektif sosiologis, kajian sosiologi tentang sekolah, kedudukan dan peran sosial guru, dan sosiohistoris institusi-institusi pendidikan islam.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Buku ini sangat lengkap isinya dan apabila buku ini Dibandingkan buku-buku lain yang satu tema, buku ini jelas lebih memiliki kelebihan, selain itu pula bahasanya mudah dimengerti dengan informasi yang sangat berbobot dan penting.

Contoh Resensi Buku Sejarah

Identitas Buku

Judul Buku : Apa Itu Sejarah (terjemahan What is History?)
Pengarang  : E.H.Carr
Penerbit dan Tahun Terbit  : Depok, Komunitas Bambu, 2014
Jumlah Halaman dan Ukuran Buku : xx + 260 hlm; 14 x 24 cm

Isi dan Sinopsi Buku

Buku Ilmiah Sejarah ini memperbincangkan studi sejarah dan aliran sejarah yang berkembang di Inggris. Buku Apa Itu Sejarah ini merupakan terjemahan dari What is History? yang terbit tahun 1964 di Inggris. E.H.Carr pernah menjadi pejabat urusan luar negeri kemudian menjadi pengajar di University College of Wales dan menulis buku-buku bertemakan sejarah dan politik modern. Buku Apa Itu Sejarah terdiri dari enam bab, di dalam buku ini terdapat Pengantar Penerbit, Pengantar Penulis, Daftar Gambar, dan Catatan untuk Edisi Kedua Apa Itu Sejarah?.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan buku ini adalah merupakan salah satu buku dalam ilmu sejarah yang berisi tentang filsafat dan teori-teori, yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam ilmu sejarah sekaligus juga dapat dijadikan pembanding buku Mengerti Sejarah karya Louis Gottschalk. Namun demikian, kekurangan yang dirasakan terhadap buku ini adalah terkait dengan terjemahannya. Buku karya Carr ini terasa kalimat-kalimatnya agak sulit dicerna. Beberapa paragraf mesti dibaca berulang, setelah itu baru dapat kita pahami isinya.


Contoh Resensi Buku Psikologi

Identitas Buku

Judul buku : The Ultimate Psychology: Psikologi Sempurna Ala Nabi Saw
Penulis : Dr. Muhammad Utsman Najati
Tahun terbit : 2008 
Penerbit : Pustaka Hidayah, Jakarta
Jumlah Halaman  : 422 Halaman
ISBN : 979-9109-27-2

Isi dan Sinopsis Buku

Dalam buku ini, dijelaskan hadis –hadis Nabi yang berhubungan dengan beragam aspek perilaku manusia, seperti: motif-motif perilaku, emosi, persepsi indera, pikiran, masa perkembangan, kepribadian, kesehatan mental, dan pengobatan jiwa psikoterapi. membahas mengenai manusia yang diperintahkan untuk mencari ilmu yang banyak, melalui pembelajaran yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan ilmu.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Buku ini merupakan salah satu karya terbaik dalam bidang psikologi Islam. Oleh karenanya, buku ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa psikologi, psikolog, pemerhati keilmuwan di bidang kejiwaan dan kesehatan yang sedang mendalami psikologi Islam maupun baru memulai. Sehingga bagi ilmuwan psikologi Muslim, dapat mengembangkan kembali konsep-konsep dasar psikologis manusia dalam membentuk mazhab psikologi yang baru yaitu psikologi Islam.

Itulah tadi contoh resensi buku ilmiah, sebuah tips tambahan pada bagian isi dan sinopsis buku hendaknya diurai dengan jelas dan tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang sehingga gambaran isi buku dapat disampaikan dengan baik.

Oh iya selain resensi buku ilmiah pada blog ini juga banyak terdapat review atau ulasan novel-novel menarik loh, mulai dari karya tere liye hingga najwa zebiah~ Selamat berkunjung

Related Posts

3 komentar

  1. Wahh ini bermanfaat banget buat yang sedang mencari info tentang buku ilmiah non fiksi untuk dijadikan rujukan yaa

    BalasHapus
  2. Wah aslii deh mbaa. Artikelnya lengkap. Bisa banget nih jadi rujukan buat yg suka nulis resensi tapi masih ngasal kayak aku hehehe

    BalasHapus
  3. Ini lengkap banget deh mbaaak... Bisa buat contoh yg suka resensi ini.. heheheh

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi šŸ¤­

Subscribe Our Newsletter