Cara Menulis Resensi Buku Yang Baik dan Benar

Konten [Tampil]
Cara Menulis Resensi Buku Yang Baik dan Benar


Resensi buku adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”. 

Sehingga dalam meresensi sebuah buku baik fiksi maupun non fiksi kita akan menceritakan ulang isi buku dengan Bahasa kita kita sendiri secara singkat dan tentunya selain itu kita harus menempatkan penilaian tentang buku tersebut. 

Manfaat Resensi Buku

  1. Sebuah resensi buku ternyata memiliki berbagai manfaat dari baik dari segi orang yang menulisnya mauoun yang membaca. Berikut adalah beberapa manfaat dari resensi buku:
  2. Sebuah resensi yang kita buat dapat memberikan gambaran dan bahan pertimbangan bagi seseorang untuk mengambil apakah akan membaca buku yang tersebut atau tidak.
  3. Sarana promosi buku: Resensi buku biasanya dari buku baru yang belum pernah diresensikan sehingga bisa dijadikan sarana promosi buku baru tersebut.
  4. Selain itu resensi buku bagi orang yang membuat dapat menjadi lading penghasilan. Karena tidak jarang ditemui berbagai flatform maupun penerbit mencari orang yang untuk menuliskan resensi sebuah buku

Untuk menulis sebuah resensi sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit jika kita memahami cara menulis resensi yang baik dan benar. Sebelum disajikan cara menulis resensi buku yang baik dan benar, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja unsur-unsur dan bagiamana struktur resensi yang terdapat dalam sebuah resensi.

Unsur-unsur Resensi

  1. Judul Resensi Buku
  2. Data Buku, data buku biasanya disusun sebagai berikut. Judul buku, Pengarang, Penerbit, Tahun terbit beserta cetakannya, Tebal buku, Harga buku
  3. Pembukaan Resensi (lead)
  4. Isi Resensi Buku
  5. Penilian Kelebihan dan Kekurangan Buku
  6. Penutup Resensi Buku

Struktur Resensi Buku Yang Baik dan Benar

Teks resensi memiliki struktur yang didalamnya meliputi identitas, orienstasi, sinopsi, analisis dan evaluasi.

  1. Identitas resensi buku meliputi judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman dan ukuran buku.
  2. Orientasi adalah bagian yang letaknya diawal paragraph. Biasanya berisi tentang kelebihan buku seperti penghargaan dari buku yang diresensi.
  3. Sinopsis adalah ringkasan yang ditulis berdasarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
  4. Analisis adalah identifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam buku, baik unsur intrinsik seperti tema, penokohan dan alur. Maupun ekstrinsik seperti kualitas kertas atau berhubungan dengan penulis.
  5. Evaluasi adalah penjelasan berupa kelebihan dan kekurangan dari buku.

Cara untuk menulis sebuah resensi yang baik dan benar tidan lepas dari langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah menulis resensi buku.

Langkah-langkah Menulis Resensi Buku Yang Baik dan Benar

Menentukan buku yang akan diresensi

Langkah pertama yang harus dilakukan saat hendak meresensi sebuah buaku tentu adalah menentukan buku apa yang akan di resensi. Pilihan buku apa yang akan diresensi ini tidak ada suatu aturan yang pasti, kamu bebas memilih buku apa saja, bisa berdasarkan topik yang disukai atau buku yang sedang dibaca.

Membaca buku yang akan diresensi

Langkah kedua yang harus dilakukan ketika akan meresensi sebuah buku adalah membaca buku tersebut sampai habis. Hal ini tentu agar kita memahami isi buku tersebut dengan baik sehingga bisa menuliskan sebuah resensi yang baik dan benar serta dapat bermanfaat bagi orang yang membaca hasil resensi kita. Bahkan syukur-syukur jika resensi kita bisa menjadi acuan bagi pilihan seseorang ketika menentukan pilihan buku yang akan mereka baca.

Mencatat Informasi yang Dianggap Penting Dari Buku yang Akan Diresensi

Saat akan meresensi sebuah buku kita harus mencatat berbagai informasi yang dianggap penting dari buku tersebut. Informasi yag dimaksud berupa bagian identitas dari struktur resensi yaitu judul, penulis, penerbit dan lain-lain.

Menemukan Poin-Poin Penting Dari Buku Yang Akan Diresensi

Langkah ini dapat dilakukan baik saat kita telah selesai membaca buku tersebut atau sembari kita membaca. Poin-poin yang dimaksud pada tahapan ini adalah segala sesuatu yang kita anggap penting dari alur atau unsur-unsur buku tersebut dan hal itu dapat mempengaruhi penilaian kita terhadap buku yang diresensi.

Menuliskan Resensi Buku

Langkah ini merupakan bagian akhir dan paling penting yaitu eksekusi dan merangkai semua data-data yang telah diperoleh menjadi sebuah resensi yang terstuktur dengan baik dan benar.

Itulah tadi cara menulis resensi buku yang baik dan benar, dan jangan lupa selain penilaian kita terhadap buku yang diresensi kita juga harus menembahkan rekomendasi kepada orang yang membaca resensi yang kita tulis tentang apakah buku tersebut harus mereka baca juga atau lebih baik mencari referensi lain.
Namun satu hal yang harus diingat dalam meresensi buku adalah sebisa mungkin kita tidak menciptakan kerugian bagi pihak lain karena penilaian kita. 

~Selamat Menulis





Related Posts

1 komentar

  1. Wah, terima kasih tipsnya ya Mba 😊 Walaupun aku sering posting tulisan tntng buku, kadang aku agak ga berani bilang itu adalah resensi. Karena aku rasa poin2ny ga sesuai sama cara menulis resensi yg baik dan benar kaya mba tulis di atas. Krna tulisanku lbh ke pendapat pirbadi aja tntng kesan dr buku yg abis dibaca 😆

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi 🤭

Subscribe Our Newsletter