Review Novel Shine Karya Jesica Jung

Jika kamu adalah salah satu penikmat k-pop maka novel yang berjudul Shine karya Jesica Jung ini mungkin merupakan salah satu novel yang harus kamu baca. Dan jika kamu adalah orang yang cukup banyak tau tentang kehidupan para idol Negeri Gingseng itu mungkin kamu juga akan langsung tau bahwa Jesica Jung yang menulis buku ini merupakan salah satu Idol yang cukup terkenal pada eranya, ia merupakan mantan (eks) anggota girl band Girls Generation (Jujur aku pribadi baru mengetahui fakta ini setelah membaca bukunya :v) 

Oh iya sebelum lebih jauh meriview buku yang berjudul Shine karya Jesica Jung ini mungkin lebih baik kita membahas dulu satu istilah yang mungkin bagi sebagain kalangan yang tidak terlalu akrab dengan k-pop akan terdengar asing. Istilah tersebut adalah Trainee, ini adalah sebutan bagi seseorang yang menjalani pelatihan pada sebuah management sebelum debut sebagai seorang artis atau disebut idol. 

Shine Karya jesica Jung

Identitas Buku

Judul: Shine
Penulis: Jesica Jung
Jumlah Halaman: 300 halaman
Tahun Terbit: September 2020
Penerbit Versi Bahasa Indonesia: Gramedia 

Sinopsis Novel Shine Karya Jesica Jung

Apa yang bersedia kaupertaruhkan demi mewujudkan impianmu?

Bagi Rachel Kim, remaja Korea-Amerika yang berusia tujuh belas tahun, jawabannya adalah: hampir segalanya. Enam tahun lalu ia direkrut oleh DB Entertainment—salah satu perusahaan musik K-pop terbesar di Seoul. Aturan menjadi trainee DB Entertainment cukup sederhana: latihan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tampil sempurna, dilarang berkencan. Mudah, bukan? 

Tidak juga.

Ketika skandal-skandal mulai bermunculan dalam industri yang berusaha keras mempertahankan citra kesempurnaan tersebut, apakah Rachel cukup kuat untuk menjadi pemenang? Atau apakah ia akan berakhir dalam keadaan hancur?

JESSICA JUNG, bintang K-pop dan mantan vokalis utama dalam girl group paling terkenal di Korea, Girls Generation, mengajak kita masuk ke dunia K-pop yang penuh warna dan intrik, di mana harga yang harus dibayar untuk kesuksesan—dan cinta—sangat tinggi. Kini saatnya bagi dunia untuk mengetahui apa yang harus dilalui seorang gadis untuk mencapai impiannya sebagai bintang K-pop yang BERSINAR.

Review Novel Shine Karya Jesica Jung

Terlihat dari sinopsis atau deskripsi yang tertera pada laman gramedia seperti di atas, buku ini secara garis besar menceritakan tentang kehidupan seorang remaja yang bernama Rachel Kim. Dalam buku Shine ini Rachel diceritakan mengalami banyak struggle dalam menjalani kehidupannya sebagai seorang trainee, sebagai seorang anak, seorang teman dan sebagai dirinya sendiri yang baru menginjak umur 17 tahun. 

Fakta Rachel adalah seorang Korea-Amerika juga merupakan suatu sorotan dalam novel ini. Terlihat bahwa diskrimisi dan bullying juga terjadi diantara kalangan remaja Korea khususnya dalam hal ini adalah para trainee. Rachel bahkan diberi pangggilan "putri" oleh orang-orang yang tidak menyukainya, hal ini karena para Trainee lain menganggap bahwa rachel selalu diberikan perlakuan istemewa oleh pada petinggi management BD. 

Sebagai seorang anak Rachel juga mengalami banyak dilema, ia merasa bersalah karena menganggap kepindahan keluarganya ke Korea telah merubah kehidupan mereka menjadi lebih sulit dan merasa hal tersebut adalah karena keinginannya. 

Dilema Rachel sebagai seorang remaja juga digambarkan melalui kisah percintaan dengan Jason yang merupakan seorang anggota Boyband yang sudah terlebih dahulu terkenal dari managementnya. Meskipun pada akhirnya ia harus menghadapi fakta yang pahit bahwa apa yang yang ia lalui dengan Jason tidak lepas dari campur tangan DB (manajemennya).

Apa yang ingin disampaikan oleh penulis ? (Pesan moral cerita)

Menurutku buku ini mungkin ingin memberikan pencerahan bagi masyarakat pada umumnya yang melihat gemerlapnya kehidupan seorang idol, bahwa dibalik keberhasilan seorang idol ia melewati banyak proses yang tidak terbayangkan sulitnya. Proses tersebut berupa latihan yang keras, pengorbanan terhadap masa muda mereka, pengorbanan terhadap keluarga, pengorbanan terhadap pendidikan dan banyak pengorbanan lainnya. Dan itu semua mereka lakukan untuk mencapai impian mereka. 

Begitu dengan kita selayaknya akan banyak pengorbanan yang harus kita iklaskan untuk dapat mencapai impian kita. 

Jika kita berhasil melewati berbagai rintangan maka suatu saat kita pasti akan samapai pada tepat kita yang seharusnya yaitu apa yang kita impikan. Hal ini juga yang dialami Rachel, pada ending cerita ia menggapai tempatnya yang seharusnya.

Fakta Menarik dan Kontroversi Dibalik Buku Shine karya Jesica Jung

Tidak hanya mengenai cerita dari Novel ini yang menarik, ternyata buku pertama Jesica Jung ini juga sempat menuai kontroversi. Banyak fans Girl Generation yang curiga bahwa novel ini mengungkap tentang alasan/kasus keluarnya Jesica dari girl band tersebut. Hal ini karena dalam novel tersebut banyak berisi tentang kekecewaan dan kemarahan terhadap berbagai ketidakadilan yang dirasakan oleh berbagai tokoh didalamnya. 

Selain itu cover yang digunakan buku ini di berbagai negara juga tidak lepas dari kontroversi, karena dianggapa banyak menggunakan atribut Girls Generation. Berbagai sumber memberitakan bahwa banyak dari para fans Girls Generation yang menuntut Jesica Jung untuk menggantinya karena dianggap tidak berkaitan dengan Girls Generation. 

Selain kontroversi, kabar baiknya bagi para pembaca yang menyukai cerita dari novel ini adalah bahwa novel yang berjudul Shine ini akan segara diproduksi menjadi sebuah film. Kita nantikan saja, Selamat membaca~

Related Posts

13 komentar

  1. Review novelnya bagus kak, jadi pen baca juga karna penasaran hehe

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu mau dibikinin film nih novel. Pernah baca ringkas aja sih tentang novel ini. Terlepas kontroversi dan gosip-gosip dibalik Mbak Jessica, industri KPop memang industri besar yang patut diancungi jempol. Idol di sana memang ngga kaleng-kaleng.

    BalasHapus
  3. wow, berat juga ya proses yang harus dilewati untuk menjadi seorang idol. Tapi pastinya sebanding dengan kualitasnya ya .. luar biasa pasti isi ceritanya heroik nih.

    BalasHapus
  4. Aku suka banget hikmahnya mbak. Memang dunia di balik idol itu berat. Banyak sekali pengorbanan dan cobaannya. Apalagi kpop. Aku jadi penasaran sama novelnya.

    BalasHapus
  5. kalau baca ini gadis cantik aja di bully, jadi inget film ip man anaknya master kung fu yg sekolah di amerika juga kena bully. pada dasarnya bully bisa mengarah ke siapapun ketika ada seseorang yang tak suka padanya

    BalasHapus
  6. Jessica Jung ini emangg bagus banget sih tulisannyaa. Aku jg sukaa.
    Nah baru tau kalo yg ini mau dijadikan film. Kereen

    BalasHapus
  7. sekilas aku kira ini buku tentang kpop shine, hehe. ternyata bukan. industri kpop memang begitu adanya ya kak, keras. tapi kita tetep aja suka kpop.

    BalasHapus
  8. Ternyata blasteran pun di Korea malah kena bullying yaa. di indo malah bnyk sanjungan dan dapat job kerja artis gitu. Ada di gramedia digital ga yaa. Mau coba cari ah..

    BalasHapus
  9. Menarik juga nih ada idol Korea yg menerbitkan buku, seenggaknya bukan kabar bunuh diri aja yg sering ku denger. Aku percaya sih dibalik hingar bingar industri Kpop ada jiwa-jiwa yg berjuang banget di dalamnya

    BalasHapus
  10. aku sebenarnya suka baca novel, tetapi klo kpop atau korea gitu kurang suka, karena susah banget bagiku untuk menghafal nama-namanya. Coba mngkin diganti dengan nama yang lain, aku pasti suka bacanya. ahahaha

    BalasHapus
  11. Kukira Indonesia saja yang kental dengan tradisi bullying, Korea yang look perfect pun ternyata yaaaa

    BalasHapus
  12. Makin penasaran sama karyanya Jessica Jung ini. Lihat sinopsisnya aja menarik banget, apalagi baca novelnya langsung.

    BalasHapus
  13. sangat menarik sekali reviewnya ... saja jadi penasaran mau ikutan baca novelnya ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ?

Subscribe Our Newsletter