-->

Review Buku Lumpu Tere Liye (Unedited Version)

Konten [Tampil]
Ingat bagian akhir dari Nebula dari petualangan sebelumnya ? disitu digambarkan bahwa miss Selena sedang ditahan oleh seseorang bernama Lumpu dikarena dendam terhadap pemilik kekuatan yang dianggapnya telah mencuri dari klan Aldebaran. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mereview buku yang berjudul Lumpu karya Tere Liye. Buku ini merupakan kelanjutan dari petualangan Raib, Ali dan Seli di dunia paralel, berikut adalah urutan novel Tere Liye tentang petualangan dunia Paralel (non spin off)

Urutan Novel Serial Bumi Karya Tere Liye

  1. Bumi (2014)
  2. Bulan (2015)
  3. Matahari (2016)
  4. Bintang (2017)
  5. Ceros & Batozar (2018)
  6. Komet (2018)
  7. Komet Minor (2019)
  8. Selena (2020)
  9. Nebula (2020)
  10. Lumpu (2020, unedited version)
Review Buku Lumpu Tere Liye

Identitas Buku Lumpu Karya Tere Liye

Judul Buku: Lumpu 
Penulis: Tere Liye
Tahun Rilis: Desember 2020
Penerbit: Google Play Book (e-book)
Jumlah Halaman: 685 halaman

Pada seri ini Raib, Ali dan Seli kembali menjalani petualangan yang seru di dunia paralel. Pada awal kisah diceritakan bagaimana mereka untuk memperoleh izin dari sekolah mereka di kehidupan mereka di bumi dengan mudah karena kecerdasan Ali.

Seperti judulnya seri ini menceritakan tentang perjalanan tiga sahabat tersebut dalam menghadapi Lumpu yaitu dengan misi untuk menyelamat Miss Selena. Disini Lumpu itu diceritakan sebagai sosok yang kuat yang memiliki kemampuan untuk menghapus kekuatan milik lawannya. 

Untuk dapat menghadapi Lumpu langkah pertama yang dilakukan oleh ketiga sahabat ini yaitu dengan mencari Tamus, karena Tamus merupakan salah satu orang yang dicari oleh Lumpu. Dengan mengikuti Tamus mereka berharap dapat menemukan cara untuk melawan Lumpu, namun sayangnya Tamus tetaplah orang yang licik. Ia mencuri sesuatu yang berharga milik mereka namun ternyata dengan adanya peristiwa tersebut malah mempermudah rencana mereka untuk membuntuti Tamus.


Review Buku Lumpu Tere Liye (Unedited Version)

Tidak Banyak Tokoh-tokoh Baru di Buku Lumpu

Tidak seperti buku-buku sebelumnya yang dipenuhi kejutan dengan hadirnya tokoh-tokoh baru yang ditemui oleh tiga sahabat ini. Pada seri ini tidak banyak tokoh baru yang muncul. Mungkin tokoh baru yang paling menonjol adalah Ilmuan yang mereka temukan di Sub Distrik KMPG RMBTN. Tokoh lainnya yang tidak terlalu menonjol namun baru diantaranya adalah penjaga distrik pada senyap yang suka berteriak "horee" karena pada akhirnya ada yang mengunjungi distrik itu setelah sepuluh tahun yaitu Raib, Ali dan Seli, satu lagi mereka juga menemui orang tua angkat Ibu kandung Raib.

Tokoh yang lainnya rata-rata merupakah tokoh yang pernah mucul dipetualangan-petualangan atau seri sebelumnya. Misalnya ada Master Ox yang merupakah pemimpin Akademi Bayangan Tingkat Tinggi tempat Miss Selana dan orang tua Raib  yang diceritakan di buku Selena dan Nebula. Tokoh lainnya misalnya Tamus yang sudah mucul sejak seri Bumi, Pemimpin konsil Klan Matahari Fala tara tana IV yang muncul di seri kedua yaitu Bulan, kemudian juga ada orang tua Ily yang muncul senjak seri pertama Bumi. Bagitupun dengan Lumpu yang sudah dikenalkan pada buku Nebula. Namun, kehadiran tokoh-tokoh ini menurutku justru merupakan hal yang membuat petualangan Raib, Ali dan Seli ini terasa berkesinambungan. 

Selain tokoh baru yang tidak banyak, tempat-tempat yang diceritakan juga hanya distrik-distrik di Klan Bulan.

#

Pada petualangan ini juga Raib, Ali dan Seli pada buku Lumpu ini tidak terlalu banyak pertarungan yang dilakukan oleh ketiganya melawan musuh-musuhnya. Bahkan pada bagian endingnyapun cara yang ditemukan untuk menghadapi Lumpu juga ternyata bukan dnegan bertarung menggunakan teknik-teknik yang hebat seperti pukulan berdentum atau bahkan teknik unik milik Mister B, karena Lumpu tidak bisa dikalahkan dengan hal tersebut malah justru ia bertambah kuat. (Penasarkan kenapa bisa gitu ?). 

Meskipun sedikit adegan pertarungan, namun dalam petualangan ini salah satu dari mereka harus kehilangan sesutu yang berharga (udah bisa nebak dong apa yang hilang dengan kemampuan Lumpu ?). 

Hal-hal Unik dari Buku Lumpu Tere Liye (Unedited Version)

Sejak buku pertama petualangan Raib, Ali dan Seli yang ditulis oleh Tere Liye hadir penamaan tempat-tempat yang menjadi latar cerita merupakan sesuatu yang selalu bikin saya tersenyum-senyum sendiri. Pada buku Lumpu ini misalnya penamaan salah satu Sub Distrik yang dikunjungi oleh tiga sahabat ini yaitu KMPG RMBTN (bisa ditebak kan ? ) , ada juga penamaan portal yang diceletukan oleh Ali yaitu portal AKDK yang merupakan singkatan Antar Kalan Dalam Konstelasi. Tidak ketinggalan restoran Od4d1 M4ng-Ol3 pun disebut, meskipun dengan ejaan yang amat merepotkan tentu masih bisa dibaca :v.

Isu Lingkungan (Cocokologi Ku Aja, gak tau benar Gak)

Selain hal komedi dengan peseletan nama-nama ada juga beberapa pesan moral dengan isu yang cukup berat yang menurutku coba diselipkan oleh penulis dalam buku ini contohnya pada bagian yang menggambarkan Distrik padang Senyap. Pada kali itu petugas distrik padang senyap bercerita bahwa dulunya distrik Padang Senyap bernama Distrik Padang Ramai karena penduduknya yang ramai dan merupakan tempat tambang energi terbesar di Klan Bulan dan banyak pabrik yang beroperasi disana. Namun lama-kelamaan sumber energi tersebut habis dan distrik tersebut berubah menjadi sangat sepi ditinggalkan penduduknya. 

Nah ini menurutku mirip-miriplah sama prilaku manusia disini yang sukanya mengeruk doang, kalau abis ditinggalin gitu aja. Mungkin bedanya kalau di Klan Bulan kondisi distrik padang senyap gak begitu mengenaskan fasilitas-fasitas masih baik hanya saja ditinggalkan oleh penduduknya, lah disini jangan tanya :(.

Quote Favorit

Quote favoritku pada buku ini datang dari perkataan Ali yang dikenal pintar tapi urakan. Saat itu Ali menanggapi ocehan Seli yang menganggap Ali terlalu santai pada halaman 431.

Kata orang bijak, kadangkala kita justeru menemukan sesuatu saat sedang tersesat, Sel. Saat kita cari setengah mati, tidak ketemu-temu. Eh, saat tidak dicari lagi, malah tersenggol kaki, muncul sendiri

Pertama Kali baca Buku Unedited Version 



Buku Lumpu karya Tereliye ini merupakan buku unedited version pertama yang kubaca, itupun karena kepincut diskon :D. Dari buku unedited ini selipkan banyak sekali (mungkin setiap perubahan bab) peringatan seperti ini.




Hal ini tidak lepas dari fenomena banyaknya buku bajakan, atau bahkan pdf ilegal yang tersebar dengan bebas :(. Tobatt Yokk !!! Kalau memang gak punya uang pinjem aja guys atau sabar aja nuggu diskon dari flatform resmi kayak Google Play Book atau flatform lain yang menyediakan buku-buku digital biasanya lebih terjangkau tapi inget yang legal ya, jangan ilegal. Selamat membaca~







Related Posts

1 komentar

  1. Review-nya bagus kak, buku dari tere Liye memang bagus" banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi šŸ¤­

Subscribe Our Newsletter