Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi (Petualangan Dunia Paralel)

Konten [Tampil]
urutan novel tere liye serial bumi
foto: gramedia.com


Sebelum membahas secara spesifik urutan novel Tere Liye serial Bumi perlu teman-teman ketahui (walaupun pastinya udah tau) bahwa Tere Liye merupakan salah satu penulis Indonesia yang cukup (sangat) produktif dalam menelurkan karya-karya baru. 

Novel yang ditulis Tere Liye tidak terbatas pada satu genre, melainkan berbagai genre pernah beliau tulis. Mulai dari kisah yang bercerita tentang cinta seperti Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah, cerita yang berlatar masalah politik seperti negeri para bedebah hingga cerita petualangan fantasi seperti seri Bumi.

Beberapa diantara karya merupakan novel berseri yaitu Serial Anak Nusantara atau Anak Mamak yang bercerita tentang anak-anak luar biasa dengan perjalanan hidupnya. Terdapat lima novel berurutan untuk serial ini yaitu Si Anak Kuat, Si Anak Spesial, Si Anak Pintar, Si Anak Pemberani, dan Si Anak Cahaya.

Kemudian, ada juga serial Pulang-Pergi. Diawali dengan novel Pulang, yang menceritakan tentang si Bujang yang lahir dari keluarga dengan keterbatas ekonomi sehingga ia diangkat anak oleh Tauke Muda teman Bapaknya. Setelah perjalanan Bujang begitu panjang di novel Pulang, Tere Liye kemudian merilis novel Pergi. Di novel sekuel ini Bujang dikisahkan mulai mengetahui masa lalu keluarganya.

Nah, novel karya Tere Liye berseri selanjutnya adalah seri petualangn dunia paralel atau dikenal dengan Seri Bumi karena buku pertama dari seri ini adalah berjudul Bumi. Novel Tere Liye seri ini juga merupakan novel berseri karya Tere Liye dengan novel terbanyak. 

Saat ini jumlah novel untuk seri bumi ini adalah 10 buku, dan berikut adalah urutan novel Tere Liye Serial Bumi.

urutan novel tere liye

  1. Bumi (2014)


    urutan novel tere liye

    Novel urutan pertama seri ini adalah berjudul Bumi. Pada novel pertama ini diceritakan bagaimana awalnya Raib bertemu dengan sosok kurus yaitu Tamus dari cermin kamarnya dan keanehan-keanehan lainnya dan mulai menyadari bahwa ia memiliki kekuatan istimewa.

    Diawali oleh kejadian robohnya tiang listrik di belakang sekolah, hingga pertemuan mereka dengan sosok tak terduga yang membawanya ke klan bulan-dunia paralel yang kehidupannya bersisian bumi

    Buku urutan pertama serial Bumi ini secara keseluruhan mengisahkan bagaimana awal mula Raib, Ali dan Seli dipertemukan satu sama lain sebagai tiga sahabat yang akan menjelajahi banyak petualangan.

    Oh iya, novel pertama seri Bumi karya Tere Liye ini juga sudah tersedia dalam bahasa Inggris yaitu Earth.
  2. Bulan (2015)


    urutan novel tere liye

    Novel urutan kedua dari serial Bumi karya Tere Liye ini berjudul Bulan. Pada Novel ini diceritakan tentang pengalaman Raib, Ali dan Seli kembali menjelajahi klan lain yaitu Klan Matahari.

    Perjalanan mereka di novel kedua ini berawal dari misi untuk menyatukan klan Bulan dan Matahari. Perjalanan ini semcam perjalanan politik pada awalnya. Namun, siapa sangka Ali, Rain dan Seli malah dilibatkan pada perburuan bunga yang bisa mengabul permintaan orang yang berhasil menemukanya saat ini pertama kali mekar. Perjalanan panjang mereka membawa Ali, Raib dan Seli bertemu dengan beberapa tokoh baru dan tentu banyak terjadi pertarungan antara mereka dengan tokoh-tokoh tersebut.

    Sama seperti novel urutan pertama, Bulan juga sudah diterbitkan dalam bahasa Inggris.
  3. Matahari (2016)


    novel tere liye

    Urutan ketiga novel Tere Liye serial Bumi ini berjudul Matahari. Namun petualangan didalamnya bukan lagi bercerita tentang perjalanan di Klan Matahari melainkan pada novel ini mereka berpetualangan ke Klan baru yaitu Klan Bintang.

    Penemuan Klan Bintang ini bermula dari rasa penasaran Ali dan mengajak kedua sahabarnya Raib dan Seli untuk memenuhi rasa penasaranya dengan melakukan perjalanan ke perut Bumi dan berhasil membuktikan tentang keberadaan Klan Bintang.

    Novel Tere Liye yang berjudul matahari ini juga sudah tersedia dalam versi bahasa Inggrisnya yang berjudul Sun sesuai dengan bahasa Indonesianya.
  4. Bintang (2017)



    Novel yang menempati urutan keempat dari seri Bumi karya Tere Liye ini berjudul Bintang. Perjalanan Ali, Raib dan Seli di Klan Bintang masih berlanjut pada Novel ini yaitu dengan misi untuk menyelamatkan manusia di Bumi, pasalnya mereka harus menemuka pasak klan tersebut yang akan meledak dan mencegah hal tersebut. Demi misi tersebut mereka menghadapi berbagai pertarungan yang sulit. 
  5. Ceros & Batozar (2018)


    urutan novel tere liye

    Novel di urutan selanjutnya berjudul Ceros dan Batazor. Buku tidak mengisahkan tentang perjalanan Raib, Ali dan Seli di Klan Bulan atau Matahari atau Bulan. Ceros dan Batazor merupakan dua part yang berbeda dalam novel ini.

    Ceros merupakan dua mahluk raksasa yang bersembunyi dibawah salah satu monumen yang cukup terkenal karena sejarahnya, tidak sengaja ditemukan oleh tiga sahabat ini ketika sekolah mereka sedang melakukan kunjungan ke Boro-O-Budur.

    Sedangkan Batazor merupakan seorang kriminal klan Bulan yang bersembunyi di Bumi. Perjalanan ketiga sahabat ini juga nantinya akan mengantarkan mereka mempelajari teknik bertarung baru dari Master B atau Batazor.

  6. Komet (2018)

    Petualangan Raib, Ali dan Seli berlanjut pada novel yang berjudul Komet ini. Kini mereka harus melakukan petualangan di pulau dengan banyak tumbuhan aneh. Pulau dengan nama berdasarkan nama hari. Pulau Hari Senin, Hari Selasa, hingga Hari Minggu. Bertemu dengan orang berwajah sama tetapi berbeda nama di setiap pulau.

  7. Komet Minor (2019)

    Urutan selanjutnya Novel Serial Bumi Karya Tere Liye berjudul Komet Minor. Pada buku ini diceritakan tentang petualangan mereka menghadapi tokoh anagonis utama di Dunia Paralel yaitu Si Tanpa Mahkota.

    Pada saat novel ini terbit, banyak spekulasi bahwa ini merupakan novel yang menempati urutan terakhir dari serial Bumi, tapi nayatanya serial ini masih menyimpan banyak misteri bahkan setelah pertarungan dengan Si Tanpa mahkota bahkan saat ini saat artikel ini ditulis urutan judul-judul baru dari Serial Bumi ini telah dirilis.

  8. Selena (2020)

    Urutan kedelapan dari serial Bumi ini berjudul Selena. Sesuai judulnya pada buku ini tidak menceritakan tentang petualangan Ali, Raib dan Seli melainkan mengisahkan tentang Miss Selana yaitu merupakan guru Metematika mereka sekaligus adalah petarung hebat dari Klan Bulan.

    Selana menceritakan tentang kehidupan Miss Selena dalam menjalani masa remaja hingga berhasil masuk di ABTT dan membawanya pertemu Mata dan Tazk.

  9. Nebula (2020)

    Nebula merupakan novel seri dunia paralel yang diterbitkan berbarangan dengan Selena. Novel ini memuat kehidupan Selena selama di ABTT dan berkelana ke Nebula untuk mencari cawan keabadiaan atas perintah Tamus yang jahat.

    Pada Novel ini juga dikuak misteri tentang siapa orang Tua Raib.

  10. Lumpu (2020, unedited version)

    Novel terbaru dari serial dunia paralel atau serial bumi karya Tere Liye ini adalah Lumpu yang sebenarnya belum terbit (saat artikel ini ditulis) tapi versi unedited yaitu naskah original sebelum diedit dan direvisi oleh redaksi Penerbit sudah tersedia di Play Store.

    Lumpu menceritakan tentang sosok dengan nama itu. Ia merupakan orang yang dendam dengan para pemilik kekuatan dan menganggap mereka adalah pencuri. Kamu dapat membaca ulusan lengkap tentang Lumpu pada blog ini, selain itu juga ada contoh resensi buku yang dapat kalian pelajari.

Itulah tadi urutan kesepuluh novel serial petualangan dunia paralel atau serial Bumi karya tere Liye. Sebenarnya beberapa kisah bisa dibaca terpisah namun lebih seru jika dibaca berurutan. Oh iya untuk novel terbaru Tere Liye untuk Seri ini judul-judulya juga sudah ada dituliskan pada bagian akhir buku Lumpu unedited. 

~Selamat membaca


Related Posts

13 komentar

  1. Wah lengkap banget urutan bukunya kak

    BalasHapus
  2. Ih banyak lagi ya kelanjutannya. Saya punya sampe komet aja. Seru sih sebenernya tp kalo terlalu banyak serinya jadi kurang seru aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya semakin banyak seri semakin seru, lebih exited banget nunggu rilis seri terbaru.... aku awal ketemu buku bumi di perpus pas smp gak nyangka ada seri lain waktu itu dan akhirnya sampe lumpu udah baca semua serinya!!!😇

      Hapus
  3. Aku sampe sekarang belum baca-baca lagi buku seri satu ini.
    Walaupun uda lama masuk dalam antrian untuk dibaca. Ntah kenapa tanganku nggak tergerak ke buku2 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca bumi dulu, aku jg tadinya gk ada niat buat baca series ini walaupun temen² pada suka. Eh setelah baca bumi malah ketagihan😭 10 hari udah selesai baca 4 buku

      Hapus
    2. Ketagihankan wkwk..sampe susah nyari buku series selain bumi di perpus sekolah

      Hapus
  4. Setiap nyari rekomendasi buku berseri, keluarnya selalu karya" Tere Liye ini. Jadi penasaran.

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih kak, postingannya membantu banget buat referensi beli novel serial Bumi. Banyak juga ya seri nya. Saya baru aja beli Bumi, baru dibaca kurang dari 1/3 bukunya. Lumpu ini seri terakhir Bumi atau bakal masih ada lagi lanjutannya ya kak?

    BalasHapus
  6. hye..info ni sangat membantu..makasih yaa..salam dr malaysia..buku nya seru bangat gue udah selesai baca bumi,bulan dan bintang..gak nyangka seri nya banyk gini ya..seru deh..

    BalasHapus
  7. Saya sudah membaca semua serinya dan semuanya sangat seru😀👍

    BalasHapus
  8. Aku baru baca sampe bintang aja 😭penasaran sama lanjutanya

    BalasHapus
  9. Baru baca yang bumi, keren sih.

    BalasHapus
  10. gak sabar nunggu lanjutannya lagi niiih...
    penasaran sama lanjutan dari serial Lumpu

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi 🤭

Subscribe Our Newsletter