-->

5 Contoh Resensi Buku Non Fiksi dan Fiksi Serta Penjelasanya

Konten [Tampil]

Kegiatan meresensi atau memberikan ulasan atau melakukan penilaian terhadap sebuah buku bisa dilakukan pada semua jenis buku baik buku non fiksi dan maupun fiksi. Pada tulisan ini akan diberikan 5 contoh resensi buku non fiksi dan juga resensi non fiksi.

contoh resensi buku non fiksi

Contoh Resensi Buku Resep

Contoh resensi buku non fiksi pertama adalah resensi buku resep masakan. Sama seperti melakukan resensi terhadap buku lainnya meresensi buku non fiksi yaitu buku resep juga dimulai dengan menjabarkan identitas buku yang diresensi, kemudian uraian secara singkat isinya dan tidak lupa kelebihan dan kekurangan buku non fiksi yang diresensi.

Berikut adalah uraian contoh resensi buku non fiksi dengan jenis buku resep makanan

Identitas Buku 

Judul Buku: Membuat Kue Bolu Buah dan Sayur
Penulis: Anti Aprilyanti Suganti
Penerbit: Penebar Plus
Tahun Terbit: 2009
Tebal Buku: 132 Halaman

Sinopsis dan Isi Buku 

Buku ini memuat resep-resep kue bolu dengan bahan buah dan sayur. Hal ini dijelaskan dalam buku tersebut karena Kue bolu adalah makanan yang banyak digemari. Akan tetapi, kue bolu yang ditemui masih masih menggunakan bahan-bahan yang kurang menyehatkan sehingga bisa membuat badan gemuk dan ragu untuk memakan kue bolu. Kombinasi bahan kue dari bahan buah dan sayuran paut anda coba. Oleh karena itu, resep kue bolu yang ada di buku Membuat Kue Bolu Buah dan Sayur ini banyak menggunakan sayuran dan buah-buahan yang pastinya membuat bisa membuat anda sehat serta baik juga untuk jajanan anak-anak. Selain menjadi camilan yang enak, kue bolu juga bisa disajikan sebagai penambah vitamin ke anak-anak.


Kelebihan dan Kekurangan Buku 

Salah satu kelebihan buku ini yang aku sukai yaitu ceetakannya yang tidak terlalu tebal serta jenis kertas yang digunakan berkualitas  sehingga membuat kesan dinamis. Didalam buku ini juga disertakan gambar gambar menu yang sehingga menambah daya tari bagi yang membaca, hal itu membuat imajinasi kita berkembang karena perpaduan warna gradasi yang tidak monoton. Selain itu juga pada resep masakan terdapat nilai gizi. Namun Cover pada buku ini kurang menarik dan terkesan monoton sehingga kesan pertama yang ditimbulkan tidak terlalu menimbulkan ketertarikan. Ditambah lagi pada beberapa bagian tidak  dijelaskan tentang berapa lama waktu mengocok adonan kue.


Contoh Resensi Buku Pelajaran

Contoh resensi buku non fiksi selanjutnya adalah buku pelajaran. Pada kesempatan ini buku pelajaran yang akan diresensi adalah buku dari pelajaran biokimia.

Berikut adalah uraian contoh resensi buku non fiksi dengan jenis buku pelajaran.

Identitas Buku

Judul buku : Dasar-dasar Biokimia Edisi Revisi
Penulis : Anna Poedjiadi dan F.M Titin Supriyanti
Penerbit : UI Press
Tahun terbit : Mei, 2005 (edisi revisi)
Jumlah halaman : 476 halaman
 
Sinopsis Buku

Buku pembelajaran ini berisi materi-materi biokimia, fungsi organ tubuh yang berhubungan dengan proses kimia, metabolisme, rekayasa genetika, gizi dan kesehatan. Buku ini disusun sebagai bahan bacaan untuk mahasiswa, guru-guru kimia dan biologi, serta semua orang yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses kimia dalam tubuh manusia, bahan makanan dan sumbernya.

Sesuai dengan judulnya, yaitu dasar-dasar biokimia, maka kamu akan diajak untuk mengenal dan memahami dasarnya terlebih dahulu. Penulis yang merupakan seorang profesor dan dosen mata kuliah Biokimia sejak tahun 1973 di Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan MIPA UPI dan  dosen mata kuliah Pendidikan IPA serta Filsafat Ilmu pada Program Pascasarjana UPI Bandung. Buku ini dikemas sebagai buku pembelajaran dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, disertai penjabaran konsep yang membuat pembaca makin mudah memahaminya. Buku edisi revisi ini tidak jauh berbeda dengan edisi pertamanya, secara struktur juga tidak ada yang berubah. Hanya saja untuk edisi revisi ini ada tambahan pokok bahasan Rekayasa Genetika yang ditulis oleh F.M Titin Supriyanti seorang dosen Biokimia dari Jurusan Pendidikan Kimia UPI Bandung.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Buku ini dikemas dengan bahasa yang ringan disertai dengan penjabaran konsep yang mudah dipahami. Setiap akhir bab juga terdapat latihan soal, sehingga setelah membaca materi, maka pembaca bisa me-review materi tersebut dengan latihan soal-soalnya. Namun sayangnya buku ini tidak dilengkapi dengan glosarium padahal banyak terdapat istilah asing yang perlu penjelasan lebih lanjut dan mudah untuk temukan.

Contoh Resensi Buku Biografi

Contoh resensi buku non fiksi selanjutnya adalah dengan tipe buku biografi.

Berikut uraian resensi buku non fiksi dengan yaitu buku biografi ir. Seokarno

Identitas Buku

Judul buku : Bung Karno Presiden R.I. Pertama: Dari Pencinta Seni Budaya Sampai Ahli Pidato.
Pengarang :  Yant Kaiy, Ida Cynthia.
Penerbit :  Papas Sinar Sinanti.
Kota terbit :  Jakarta.
Tahun terbit :  1999.
Ketebalan:  48 Halaman.

Sinopsis Buku

Buku ini berisi tentang biografi singkat Bung Karno, buku ini dimulai dari kehidupan beliau yang sederhana hingga bisa menjadi orang nomor satu di negeri ini. Beliau tetap maju meskipun berasal dari keluarga yang kekurangan/kurang mampu, hingga beliau pernah berpidato yang berisi “hidup sungguh tidak bisa diramalkan, saya anak miskin dan dari orangtua miskin”. Meskipun begitu orangtua beliau tetap peduli dengan pendidikan anak hingga membawa Bung Karno bisa hebat menjadi anak yang berpendidikan tinggi, menjadi seseorang yang ahli berpidato dan tetap mencintai kebudayaan negeri ini.

Dalam menjalani kehidupannya beliau termasuk orang yang ramah dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya, kemudian dalam pergaulan baik di sekolah maupun organisasi, beliau dihadapkan dengan penghinaan oleh orang Belanda, dimana lingkungan sekolah beliau banyak anak-anak orang Belanda, sehingga beliau mempunyai semangat untuk melawan penjajah dari negeri ini. Perjuangannya dalam kemerdekaan beliau sempat masuk penjara dan diasingkan hingga akhirnya beliau berjuang untuk persiapan kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan ketekunan, keberanian dan kerajinannya beliau sangat mencintai kebudayaan serta melaksanakan jiwa nasionalisme yang merupakan model beliau dan pribadi yang patut kita contoh dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Buku ini memiliki keunggulan sebagai referensi yang patut dicontoh dari kepribadian dan semangat jiwa pantang menyerah sang proklamator, serta semangat bersekolah tinggi, mencintai kebudayaan warisan sang leluhur meskipun dalam keadaan kurang mampu.

Contoh Resensi Non Fiksi

Contoh Resensi buku non fiksi berikutnya adalah buku-buku bacaan non fiksi popular. Pada kesempatan ini buku yang akan diresensi adalah buku filosofi teras.

Identitas Buku

Judul Buku :    Filosofi Teras : Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini
Penulis : Henry Manampiring 
Genre : Filsafat
ISBN : 978-602-412-518-9
Jumlah Halaman : xxiv + 320 halaman
Tanggal Terbit : Desember 2019
Dimensi Buku : 13cm x 19 cm
Penerbit : Penerbit Buku Kompas
 
Sinopsis/ Isi Buku

Filosofi Teras adalah filosofi Yunani – Romawi Kuno yang telah berusia kurang lebih  2.300 tahun. Henry Manampiring menyebut filosofi teras agar mudah diingat oleh pembacanya, filosofi ini sendiri dikenal dengan nama lain seperti Stoa, Stoic dan Stoisisme. Disebut Stoisisme karena para kaum Stoa mempelajari filosofi ini di sebuah teras berpilar yang dalam bahasa Yunani disebut Stoa. Stoisisme diajarkan pertama kali oleh Zeno setelah sebelumnya dia mempelajari filsafat dari filsuf yang berbeda.  Kemudian murid Zeno melanjutkan dan mengembangkan filosofi ini dari Yunani hingga ke kekaisaran Romawi. Para tokoh terkenal seperti Kaisar Marcus Aurelius turut mempopulerkan filosofi ini melalui karya bukunya yaitu Meditations. 

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Buku Filosofi Teras mempunyai 12 bab dengan topik yang menarik di setiap bab-nya yaitu Survei Khawatir Nasional, Sebuah Filosofi yang Realistis, Hidup Selaras dengan Alam, Dikotomi Kendali, Mengendalikan Interpretasi dan Persepsi, Memperkuat Mental, Hidup di antara Orang yang Menyebalkan, Mengahadapi Kesusahan dan Musibah, Menjadi Orang Tua, Citizen of the World,  Tentang Kematian dan Penutup. Meskipun buku ini mengajarkan suatu ajaran filsafat, namun gaya bahasa yang digunakan oleh penulis sangat menarik dan mudah untuk dimengerti. Penulis juga menggunakan beberapa jokes yang relevan dengan topik yang dibahas, sehingga saya  sebagai pembaca merasa sangat terhibur dan enjoy ketika membaca buku ini.

Buku Filosofi Teras juga tidak terlepas dari beberapa kekurangan, yang menurut saya terlihat kurang menarik. Pada saat pertama kali saya membuka buku ini saya kurang terkesan dengan ukuran font dan jarak spasi yang digunakan oleh penulis. Fontnya menggunakan rata kiri dan menurut saya ini terlihat kurang rapi. Jarak spasi yang digunakan juga terlihat sangat rapat sehingga kadang membuat mata saya yang minus merasa cepat lelah ketika membacanya. 

Contoh Resensi Novel

Jika contoh diatas adalah bentuk dari resensi buku non fiksi, pada penjelasan berikut ini akan diuraikan tentang resensi buku fiksi yaitu novel.

Novel fiksi yang akan menjadi penutup dari contoh resensi buku non fiksi sebelumnya ini adalah sebagai berikut:

Judul : Jalan Panjang Menuju Pulang
Penulis : Pipiet Senja
Editor : Triana Rahmawati / Irwan Kelana
Cover : Resoluzy Media
Jenis Buku : Fiksi
Penerbit : Republika Penerbit
Tahun Terbit : Cetakan 1, April 2017
Jumlah Halaman :  296 halaman

Sinopsis

Novel ini menceritakan  tentang perjalanan seorang wanita bernama Fatin. Fatin merupakan anak tertua dari sebuah keluarga yang mempunyai latar belakang ekonomi rendah.Ia merasa turut bertanggung jawab atas keluarga dan kelima adiknya, kemudian memutuskan untuk pergi merantau guna mencari uang dan kuliah. Kemudian babak kehidupannya tersebut sampai membawanya ke negeri Belanda dan menyajikan kisah-kisah pilu dan tidak terduga.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Novel fiksi ini disusun dengan cerita yang sangat menarik. Penulis mampu menyajikan peristiwa-peristiwa yang dialami oleh tokoh seakan nyata dan membuat pembaca terbawa dalam ceritanya. Namun beberapa bagian pada buku juga memuat cerita-cerita yang terkesan sedikit terlalu didramatisir.

Itulah tadi 5 contoh resensi buku non fiksi dan fiksi, mulai dari buku resep hingga novel yang jalan ceritanya menarik. Pada blog ini juga banyak terdapat review buku lainnya. 

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter