-->

Review Novel Bumi Karya Tere Liye, Awal Mula Perjalanan Dunia Paralel

Konten [Tampil]

Bumi adalah novel urutan pertama dari seri petualangan Dunia Paralel karya Tere Liye oleh karena itu pulah seri ini juga lumrah disebut dengan serial Bumi. 

Review novel bumi karya tere liye, buku pertama serial bumi


Novel Bumi ini merupakan buku karya Tere Liye pertama yang kubaca. Buku Bumi pertama kali terbit pada tahun 2014, namun kemudian juga diterbitkan dengan cover baru oleh gramedia pustaka.

Identitas Buku Bumi Tere Liye

Judul Buku : Bumi

Penulis : Tere Liye

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : Januari 2014

Tebal : 440 Halaman

Sinopsis Novel Bumi Karya tere Liye

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak. 

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan. Namaku, Raib. 

Dan aku bisa menghilang.

Review Novel Bumi Karya Tere Liye

Alur Cerita Novel Bumi Karya Tere Liye

Alur cerita pada novel pertama serial bumi ini adalah maju. Seperti kalimat yang kujelaskan di awal buku ini adalah pembuka perjalanan Raib, Ali dan Seli berbagai dunia lain yang kemudia disebut dengan dunia Paralel. 

Petualangan di novel Bumi bermula ketika Raib tidak sengaja menemukan kemampuan yang terpendam di dalam dirinya yaitu bisa menghilang dan juga menghilangkan benda dilanjutkan dengan pertemuannya dengan sosok tinggi kurus yang muncul dari cerminnya. 

Pada suatu hari Raib lupa membawa buku PR Matematikanya yang kemudian menyebabkan ia dihukum diluar kelas. Karena bosan ia kemudia mencoba menutup matanya dengan kedua telapak tangannya kemudian secara tiba-tiba Ali yang tidak pernah mengerjakan tuga muncul di hadapannya dan bertanya “apakah kamu bisa menghilang Ra ?”

Kejadian berikutnya adalah ketika Seli dan Raib pergi kekanti pada suatu siang, dimana di temoat tersebut sedang ada perbaikan gardu listrik yang hampir mencelakai mereka berdua. Namun dengan kekuatan dan reflek yang dimiliki Raib berhasil menghilangkan tiang listrik tersebut. 

Namun kemudian, muncul sebuah gelembung dan keadaan sekita menjadi gelap. Itulah Tamus sosok tinggi kurus yang pernah muncul dari cermin Raib. Ia dan pasukannya memaksa untuk membawa Raib karena diyakini sebagai Putri Bulan dan telah diincar sejak lama.

Perasaan ingin saling melindungi yang kuat membuat Ali dan Seli turut bertarung bersama Raib. Mereka sangat kesulitan untuk menghadapi pasukan tersebut dengan kemampuan yang terbatas. Beruntung selanjutnya munculah Miss Selena yang mereka kenal guru matematika di sekolah mereka. Miss Selana ternyata adalah juga seorang petarung dari klan Bulan. Miss Selena bertarung mati-matian melawan Tamus dan pasukanya.

Petualangan dunia parallel pada novel Bumi ini bernar-benar dimulai ketika dalam keaadan kewalahan mengahdapi pasukan Tamus, Miss Selena mengarahkan Raib, Ali dan Seli untuk melarikan diri melalui celah kecil yang dibuat oleh Miss Selana. Setelah melalui celah tersebut secara ajaib mereka tiba di tempat yang sangat aneh.

Pesan Moral dalam Novel Bumi Karya Tere Liye

Selain petualangan yang seru novel ini juga menyajikan banyak pesan moral, diantaranya yang paling menonjol adalah tentang persahabatan dan keluarga. 

Persahabatan Raib, Ali dan Seli adalah kisa menarik yang penuh akan makna. Selain itu kekeluargaan Raib dan kedua orang tuanya juga menyisipkan kisah yang cukup membuat penasaran. Cara komunikasi Raib dan orang tuanya juga merupakan sebuah pesan baik pembaca terutama anak-anak muda di era sekarang.

Hal Menarik Dalam Buku Bumi Karya Tere Liye

Ada banyak hal-hal menarik yang dapat ditemukan dalam buku ini, mulai dari sesuatu yang terasa menggeletik alias lucu hingga kepada fantasi tentang teknologi-teknologi masa depan. 

Teknologi klan Bulan merupakan sesuatu yang baru dan aneh bagi Raib, Ali dan Seli. Misalnya dari segi makanan yang tidak berbentuk namun bisa memiliki banyak macam rasa sesuai yang dibayangkan. 

Kemudian, tempat tidur yang melayang, ada juga pakaian yang memiliki teknologi benang sintetis yang dapat menyesuaikan diri secara otomatis dengan pemakainya dan lain-lain.

Novel Bumi Menurutku

Ketika pertama kali membaca novel Bumi ini waktu itu tengah duduk di kelas X. Dan novel bumi yang kubaca adalah milik salah seorang teman sekelasku. Menurutku novel ini sangat menarik premis cerita berhasil membuatku terus penasaran dengan cerita-cerita petualangan Raib, Ali dan Seli berikut-berikutnya.

Novel Bumi juga yang berhasil membawaku untuk terus mengikuti petualangan yang dialami oleh ketiga sahabat ini hingga saat ini, dimana novel serial bumi ini sudah mempunyai sebelas buku dan tetap dengan cerita yang bikin terus penasaran.

Urutan Novel Serial Bumi Karya Tere Liye

  • Novel Bumi
  • Novel Bulan
  • Novel Matahari
  • Novel Bintang 
  • Novel Ceros dan Batozar
  • Novel Komet
  • Novel Komet Minor
  • Novel Selena 
  • Novel Nebula
  • Novel Lumpu
  • Novel Si Putih

Beberapa novel baru yang akan segera terbit juga sudah dirilis judulnya.

Namun sebagai pembuka novel bumi ini benar-benar meninggalkan kesan sehingga membawaku pada novel-novel selanjutnya hingga saat ini.


Related Posts

10 komentar

  1. Belum baca serial yg ini sihh. Banyak yg udahbaca bilang bagus, masuk daftar TBR dulu deh 😂

    BalasHapus
  2. wah lumayan juga ya halamannya banyak 440 halaman, wah buat yang suka baca ini mah sehari juga bisa usai ya kak, saya juga termasuk pembaca dari Tere Liye ini, wah novel serialnya lumayan banyak juga ya ternyata, penasaran pengen bacain

    BalasHapus
  3. membaca tere liye sepertinya harus menyiapkan waktu, karena setiap buku yng ditulisnya harus dicermati dengn baik, apalgi dengan halaman yng sangat tebal, menurutku

    BalasHapus
  4. Novel yang sering banget mencolok mata karena warnanya yang terkesan tebal, tapi tidak pernah saya dekati. Dan akhirnya saya nyesel gak beli. Karena mirip" Harry Potter gaya ceritanya. CMIIW.
    Apalagi banyak yang review, termasuk reviewnya kak Rani ini, bahwa buku ini rekomen banget buat dibaca.
    Pengen rasanya ketiban rezeki lebih, terus beli semua serinya. Bener" ketinggalan jauh sih. 😌

    BalasHapus
  5. Novelnya mas tere ini memang selalu memiliki cerita yang bagus mba, rasanya pengen punya semua judulnya hahaha

    BalasHapus
  6. aku tau tere liye dari twitternya yang kebanyakan puistis. tapi soal novel, aku belum baca sama sekali. tapi baca review kakak kayanya menarik nih, apalagi beliau sering ngetweet quote yang bikin adem. aku berburu deh, tapi banyak banget ya karyanya, harus mulai darimana ya?

    BalasHapus
  7. Banyak yang bilang bagus untuk serial yang ini, aku jadi penasaran deh pengen baca juga..

    BalasHapus
  8. aku dulu koleksi ceritanya tere liye, sekarang mau baca buku aja sulit banget nyari waktunya, keren ka rani, semangat ya baca bukunya!

    BalasHapus
  9. lumayan panjang juga ya 440 halaman tapi bagi yang suka nulis pastinya ini bakal menyenagkan banget ya, apalagi tereliye karyanya banyak yang suka

    BalasHapus
  10. berati noted ini buat para orang tua, jangan sampai kasih nama anaknya raib haha. baca sinopsisnya aku langsung bayangin sinetron anak-anak yang biasa ditonton anakku dong wkwk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi 🤭

Subscribe Our Newsletter