Asiknya Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu

Konten [Tampil]

Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu

Halo, Hai pada tulisan kali ini aku bakalan share banyak insight baru tentang sustainable beauty yang kuperoleh secara gratis-tis dari acara Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu pada 9 April 2021 yang lalu. Dan kalau boleh jujur ini adalah gathering blogger pertama yang berkesempatan kuikuti, maklum masih noob banget di dunia per-blog-an.

Sekilas Tentang Acara dan Penyelenggara

Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu

Tak kenal maka tak sayang eh maksudnya kalau belum kenal ya kenalan dulu biar paham :D. Sebelum masuk lebih jauh tentang apa isi acara ini mari kita kenalan terlebih dahulu dengan pihak-pihak dibalik Online Blogger geathering #LestarikanCantikmu

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Kompetisi Blog #LestarikanCantikmu: Share Your Sustainable Beauty and Wellness Story yang diadakan oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari, Madani Berkelanjutan, dan Blogger Perempuan Network.

Lingkar Temu Kabupaten Lestari adalah forum kolaborasi yang terdiri dari Kabupaten-Kabupaten yang ada di Indonesia (berdasarkan info pada website mereka sampai dengan Februari 2019, LTKL memiliki 11 kabupaten anggota) untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Sedangkan Madani Berkelanjutan merupakan lembaga nirlaba yang berupaya menjembatani hubungan antar pemangku kepentingan baik itu pemerintah, swasta, atau masyarakat sipil untuk mencapai solusi inovatis terkait tata kelola hutan dan lahan.

Dan Blogger Perempuan Network ialah jejaring blogger perempuan di Indonesia yang memiiki misi misi untuk mendukung blogger wanita Indonesia dalam ruang digital dan meningkatkan konten mereka ke level selanjutnya.

Acara Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu ini mengahadirkan tiga pembicara keren yang konsen terhadap sustainable Beauty yaitu drg. Danang Wisnuwardhana yang merupakan seorang Skincare Content Creator, Gita Syahrani yang merupakan Kepala Skretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari, dan Christine Pan dari Segara Naturals.

Peserta pada acara tersebut adalah 30 blogger terpilih setelah mengikuti kompetensi blog #LestarikanCantikmu sebelumnya dan aku adalah salah satu orang yang beruntung bisa bergabung dan dapat ilmu banyak dari acara ini. Berikut adalah beberapa poin penting tentang kecantikan yang sustain atau sustainable beauty. Poin-poin ini yang menurutku harus kita mulai untuk pikirkan baik-baik dari pembahasan pada acara Acara Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu ini.

Pakai Skincare Harus Jelas Tujuannya (drg. Danang Wisnuwardhana)

Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu

“Pakai Skincare itu harus membuat kita happy” begitulah salah satu kalimat yang menjadi pembuka Kak Danang ketika memulai bahasan pada siang itu, “namun selain itu pakai skincare harus jelas tujuannya”.

Tujuan kita memakai skincare yang dimaksud adalah alasan dibalik penggunaan suatu produk tertentu, misalnya untuk mengatasi jerawat, atau mengatasi tanda-tanda penuaan dan lain sebagainya.

Poin pentingnya adalah agar tujuan kita menggunakan skincare atau produk kecantikan itu tercapai dengan baik kita harus mengetahui terlebih dahulu kandungan/ bahan apa yang terdapat pada produk tersebut.

Lah iya benar juga, coba deh bayangin misalnya tujuan kita menggunakan skincare agar kulit kita bebas dari jerawat, eh tapi ternyata kandungan dari produk tersebut malah bisa menyebabkan jerawat di kita karena misalnya kita ada alergi terhadap suatu kandungan atau apa gitu.

Nah dari sini aja udah terlihat betapa pentingnya buat mengenali dulu produk apa yang akan kita pakai, selain agar hasil efektif tentu ini akan menghindarkan jika dari perbuatan sia-sia (baca: buang-buang uang).


Menggunakan Produk Kecantikan Yang Ramah Lingkungan dan Ramah Sosial

Loncat kepembahsan berikutnya yang disampaikan Kak Gita Syahrani. Diantara pembahasannya, menurut Kak Gita ada beberapa hal yang harus diperhatikan menganai produk yang ramah lingkungan dan ramah sosial yaitu:

Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu

  • Produk tersebut harus menjaga fungsi alam tanpa bencana, artinya disini penanaman bahan hingga proses produksi produk tersebut tidak boleh menyebabkan kerusakan terhadap alam sehingga dapat memicu terjadi bencana
  • Produk tersebut berkontribusi untuk memberikan kesejateraan kepada petani/pekebun melalui pemberdayaan hasil bumi yang mereka kelola
  • Proses produksi yang dilakukan produk tersebut tidak mencemari lingkungan

Eits pemilihan produk kecantikan ini juga sangat penting bagi diri kita sendiri. Dari pembahasan yang disampaikan contoh yang disebut-sebut adalah berhubungan dengan polusi.

Nah loh apa hubungannya sama polusi ?

Produk yang tidak ramah lingkungan tentu dalam produksi dan pengelolaanya banyak menimbulkan polusi, nah dari polusi inilah dampaknya akan kembali lagi kekita bahkan orang diseluruh bumi (nah kan ngeri).

Kalau kata Gita "kan percuma pakai skincare berlapis-lapis, tapi harus menghirup udara yang penuh dengan asap kebakaran hutan misalnya"


Cara Memilih Produk Yang Ramah Lingkungan

Dari pembahasan yang disampaikan sebelumnya sih udah kebayang pentingnya memilih produk yang tepat untuk kecantikan kita. Lalu gimana cara memilih produk kecantikan agar kita tidak berkonribusi terhadap kerusakan lingkungan ? Jawabanya adalah kita bisa mulai dengan langkah-langkah berikut: 


Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu

Pada gambar diatas terlihat bahwa dari label kita dapat mengenali bahan apa saja yang digunakan. Setelah mengetahui bahan-bahan tersebut kita bisa mengetahui lebih lanjut bahan tersebut terbuat dari komoditas apa. Setelah itu kita kan bisa tau komuditas itu gimana dampak kehadiranya bagi lingkungan, apakah merusak hutan? mencemari air atau dampak-dampak lainnya. Kalau sudah mengetahui maka kita dapat memilih produk yang lestari dan jangan lupa untuk membagi pengalaman kita tentang journey kita menemukan produk lestari tersebut agar orang lain juga ikut langkah kita sehingga semakin besar peluang lingkungan kita agar tetap lestari.

Selain keenam langkah tersebut kak Gita juga menyampaikan cara lain untuk memilih produk yang ramah lingkungan yaitu adalah memilih produk yang banyak “bercerita”. Karena ketika suatu produk itu berani untuk bercerita banyak tentang apa produknya, dari mana asal produknya, bagaimana produksinya dan lain sebagainya.


Segara Naturals: Produk Yang Mengangkat Komoditas Lokal dan Ramah Lingkungan

Segara Natural adalah salah satu produk yang menggunakan komoditas lokal sebagai bahan-bahanya. Dari pembahasan Kak Christine Pan diketahui bahwa dalam produksinya Segara berusaha meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan bagi lingkungan.

Selain itu aku semakin dibuat terkesima oleh pernyataan kak Christine

Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu


Aku sendiri sudah mencoba dan melihat gimana produk- produk Segara dari hampers yang dikirimkan sebelum acara ini. Dan produk ini bereaksi dengan sangat baik alias cocok di badan ku, hal ini tidak lepas dari bahan-bahan ramah lingkungan yang digunakan oleh produk ini yang membuat pemakaiannya merasa aman. Kemasan yang digunakan juga bukan dari plastik .

Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu

Selain itu Segara menjunjung prinsip “Kesinambungan Hulu- Hilir” artinya disini Segera memperhatikan setiap tahapan, mulai dari supplier bahan-bahan mereka hingga mereka sebagai produsen skincare untuk selalu meminimalisir dampak yang tidak baik bagi lingkungan.


Pentingnya Mengedukasi Diri Untuk Memilih Produk Yang Ramah Lingkungan

Sebagai konsumen informasi dari produk-produk yang berdar di media tentu adalah sesuatu yang baik karena pada dasarnya mereka sedang berjualan, tentu hanya akan menampilkan yang baik-baiknya saja.

Nah dari sinilah menurut kak Christine, peran kita sebagai konsumen untuk tidak termakan dengan mudah melainkan mempelajarinya lebih jauh.


Apa Yang Baru Dari Diriku Setelah Nyimak Pembahasan Tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu ini ?



Setelah kurang lebih dua jam menyimak pembahasan tentang Sustainable Beauty and Wellnes Story di Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu pada 9 April 2021 ini , jujur aku semakin merasa bahwa ternyata selama ini tu aku benar-benar gak tau apa-apa.

Selama ini aku milih produk hanya karena kemakan iklan doang, apalagi dengan godaan teknik marketing yang bernama diskon boro-boro deh tu baca label apalagi mikirin tentang produk ramah lingkungan dan ramah sosial.

Dan rasanya bersyukur banget bisa dapat pengetahuan, pengalaman yang begitu berharga dari acara ini. Dari acara Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu aku semakin sadar bahwa betapa pilihan-pilihan kecil sangat berharga dan berdampak besar bagi lingkungan kita.

Jujur sih aku ketrigger banget untuk berusaha komit buat mulai ambil langkah-langkah kecil untuk turut dalam misi besar ini. 

Yuk mulai pilih produk yang ramah lingkungan dan ramah sosial. Apalagi di Indonesia yang kaya ini ada banyak komoditas lokal yang bisa dimanfaatkan. 


Dan akhir kata, semoga teman-teman yang membaca uraianku ini juga merasakan hal yang sama.

Oh iya, teman-teman masih bisa nonton full acara Online Blogger Gathering #LestarikanCantikmu ini di laman youtube berikut

~semangat



Related Posts

There is no other posts in this category.

14 komentar

  1. Pakai Skincare itu harus membuat kita happy. Bener deh, kita harus tahu dulu tujuannya apa sebelum memutuskan memilih skincare. Dan tentu juga harus mengandung bahan-bahan yang ramah lingkungan. Tentu saja Segara Natural adalah pilihan tepat karena dalam produksinya sangat meminimalisir dampak negatif bagi lingkungan.

    BalasHapus
  2. Dalam memilih skin care memang penting banget ya membaca label. So far masih level baca "oh ini alami" tapi belum jauh memikirkan kemasan dan lainnya. Seru kaliya kalau bisa beli di bulk store. Bawa wadah sendiri. Wkwk tp binging juga tentang higienitasnya. Tapi aku juga tertarik sama Segari Naturals. Jujur baru pertama denger sih.

    Memang penting banget untuk memulai peduli sama lingkungan & sosial. Paling nggak dari hal2 kecil ya :)

    BalasHapus
  3. Seru banget memang kemarin ya mbaa. Aku juga dapat banyak hal dari virtual gathering kemarin. MasyaAllah

    BalasHapus
  4. Aku jadi terbesit kalau saja ada peraturan khusus untuk para produsen produk dengan mewajibkan memakai bahan yang ramah lingkungan dan juga sosial sepertinya bagus. karena konsumen kadang kurang memperhatikan hal itu.

    BalasHapus
  5. Kadang suka gitu nih. Masalah kulitnya apa, skincare yang dipakainya apa. Ga sinkron :( Baca ini jadi tercerahkan deh

    BalasHapus
  6. Wuih keknya acaranya seru ya Kakak, sayang saya ketinggalan nih. Pasti banyak ilmunya

    BalasHapus
  7. Pakai produk kecantikan itu yang bisa bikin kita happy. Setujuuu bangett.
    Jangan asal pakai, terus karena ikut-ikutan orang juga.
    Dan harus tau asal muasal produk, hmm bagian ini masih PR banget. Semoga ke depannya pas mau beli skincare harus jeli dan teliti lagi nih dalam memilih produk yang ramah lingkungan.
    Makasih kak untuk sharingnya

    BalasHapus
  8. Masya Allah iya juga ya.. sejauh ini bisa dibilang egois gak sih. Mikirnya "untungnya buat aku" nah ini diajak mikirin yang lebih jauh.

    BalasHapus
  9. aku setuju banget kalau bahan alami itu lebih baik karena sesungguhnya bahan kimia yg digunakan beberapa kosmetik meskipun hasilnya instan bisa mempunya dampak tidak baik kedepannya

    BalasHapus
  10. Ternyata penting untuk memilih produk ramah lingkungan.
    Selama in hanya asal saja huhu

    BalasHapus
  11. Aku belum bisa paham ma nih mba ma bahan2 skincare sblum membeli, jdi cuma cari review orang2 aja trus cobain klo cocok lanjut klo biasa aja ya tunggu abis bru ganti lgi

    BalasHapus
  12. Mau gimanapun, kita tetep harus memilih produk-produk yang ramah lingkungan ya. Karena kayaknya, ya, suda cukup lama kita abai pada lingkungan :')

    BalasHapus
  13. Wahh, bang Danang Wisnuwardana ini salah satu panutan saya dalam dunia per-skincsre-an 😂

    BalasHapus
  14. Jadi pengen cobain segara natural, keren banget visi misinya turut menjaga lingkungan

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ?

Subscribe Our Newsletter