10+ Alasan Kenapa Mulai Menulis di Blog, Bukan Sekedar Wadah Curhat

Konten [Tampil]

Berbicara tentang suatu tindakan yang keluar dari diri seseorang pastilah telah mengalami proses panjang dalam dirinya, bahkan tindakan spontan sekalipun. Apalagi jika tindakan itu berupa sesuatu yang membutuhkan effort untuk dilakukan pastilah ada berbagai macam alasan dibalik tindakan tersebut. 

Menulis blog adalah tindakan yang saya maksud. Mungkin sebagaimana penejelasan tentang arti nama blog pada postingan sebelumnya bahwa blognyarani.com adalah sebuah ruang pribadi bagi penulis, namun ruang ini bukan hanya sebuah wadah curhat belaka. Bagi saya ada banyak alasan kenapa menulis blog.

Alasan kenapa mulai nulis blog


Alasan Kenapa Mulai Menulis di Blog


Mulai Menulis Blog Untuk Menyimpan Sampah Pikiran

Alasan menulis blog pertama saya adalah untuk melestarikan sampah-sampah yang ada dipikiran saya. Seperti cerita di postingan tentang nama blog sebelumnya blog ini awalnya saya buat untuk menampung rangkaian kata saya yang mungkin saja bisa disebut puisi. Puisi-puisi ini awalnya saya tulis diberbagai media dan paling banyak di kolom chat whatapps kepada diri sendiri.

Dengan blog ini setidaknya kata-kata tersebut bisa bertahan lama dan bisa berkeliaran dikepala-kepala orang lain yang membacanya. Seiring dengan berjalanya waktu sampah-sampah pikiran saya itu akhirnya lumayan menumpuk dan beragam bentuknya tidak hanya puisi-puisi klise saja.


Melestarikan Momen

Alasan berikutnya kenapa mulai menulis blog adalah untuk melestarikan momen. Sebagai seseorang yang suka berkode tentang apa yang saya rasakan dan pikirkan melalui diksi, walaupun mungkin hanya saya sendiri yang mengerti, blog adalah wadah yang berguna untuk menyimpan dan melestarikan momen-momen 

Dan lebih pentingya lagi dengan blog ini pikiran-pikiran tersebut tetap lestari dan bisa saya kilas balik sewaktu-waktu.


Belajar Lebih Mengenal Diri Sendiri

Alasan lenapa saya mulai menulis blog selanjutnya adalah untuk belajar lebih mengenal diri sendiri. Hal ini berkenaan dengan dua poin sebelumnya, ketika saya bisa menuangkan apa yang saya pikirkan dan rasakan terhadap sesuatu hal dalam hidup saya dan kemudian saya membaca ulang hal tersebut saya yakini telah membantu diri saya untuk lebih mengenal diri saya sendiri.


Wadah Untuk Belajar Terus Menerus

Alasan kenapa saya menulis blog berikutnya adalah sebagai wadah untuk belajar terus menerus. Dari blog jujur ada begitu banyak hal baru yang kuperoleh karena pada basicnya saya bukanlah orang yang punya background dibidang ini. 

Dari blog ini aku mulai belajar tentang apa itu niche dan lain sebagainya.


Meningkatkan Kepekaan Terhadap Fenomena Sekitar

Alasan kenapa saya mulai dan rutin nulis blog selanjutnya adalah untuk terus meningkatkan kepekaan terhadap fenomena yang ada disekitar. Selain tentang blog itu sendiri dengan mulai dan rutin menulis saya menjadi lebih berusah untuk memperhatikan hal-hal disekeliling saya secar lebih detail. 

Hal ini tidak lain karena ada agenda untuk menulis blog dalam pikiran saya, sehingga dengan begitu saya akan bisa memahami apa yang terjadi dan bagian mana dari apa yang saya lihat, saya rasakan yang bisa dan boleh saya bagikan dalam ruang ini.


Melatih Diri Untuk Mempunyai Analisa yang Lebih Tajam

Alasan kenapa saya mulai dan rutin nulis blog adalah untuk melatih diri untuk mempunyai analisa yang lebih tajam. Dengan nulis blog saya menjadi lebih terbiasa untuk melihat sesuatu lebih detail.


Melatih Diri Untuk Terbiasa Melihat Sesuatu daru Berbagai Sudut Pandang

Alasan menulis blog selanjutnya adalah untuk melatih diri untuk terbiasa melihat sesuatu daru berbagai sudut pandang. Pengalam dan pembelajaran ini saya peroleh terutama ketika membuat blog tentang ulusan buku. 

Untuk dapat menulis review buku saya tentu harus memahami isi dan jalan cerita yang dibawakan oleh penulis, dari konten blog inilah saya banyak menemukan sudut pandang baru dari berbagai penulis ataupun dari tokoh yang diciptakan oleh mereka pada buku-buku mereka.


Menambah Jaringan Petemanan

Nulis blog membawa saya mengenal banyak orang-orang baru dengan berbagai macam latar belakang. Karena menulis blog jugalah saya banyak mengikuti komunitas-komunitas blogger dan turut ikut dalam berbagai event yang mereka selenggaraka bahkan turut ambil peran dalam komunitas tersebut.


Mencoba Lebih Produktif

Alsan menulis blog selanjutnya adalah saya ingin mencoba lebih produktif. Dalam pikiran saya ketika mulai memutuskan untuk menulis blog  adalah “setidaknya dari banyaknya waktu yang saya buang, ada satu kegiatan postif yang berhasil saya lakukan yaitu nulis blog”

Walaupun mungkin apa yang saya tulis bukanlah sesuatu yang besar apalagi bisa menginpirasi orang lain.


Belajar Lebih Teliti

Dari Nulis blog saya belajar untuk menjadi lebih teliti. Dalam hal ini yang saya maksud adalah berhubungan dengan mengetik. Mungkin alasan ini terdengar receh tapi dari nulis blog saya merasakan hal tersebut. 


Menghasilkan uang

Bagian ini sengaja saya urutkan pada bagian paling akhir, karena mungkin bagi sebagain orang poin ini adalah bonus. Saya tidak menafik bahwa setelah alasan-alasan nulis blog sebelumnya bahwa menghasilakan uang adalah harapan lain dari nulis blog.


Related Posts

1 komentar

  1. tetap semangat rani, semoga konsisten dan kedepannya lebih baik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ?

Subscribe Our Newsletter