Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan Untung Besar

Konten [Tampil]

Usaha cocok untuk pemula di Pedesaan. Meskipun identik dengan wilayah penyokong kota-kota besar, area-area satelit seperti desa atau perkampungan juga memiliki kontribusi yang besar dalam perekonomian secara nasional. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah pusat memprioritaskan percepatan pembangunan yang bisa menopang kegiatan perekonomian di desa atau kampung.

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Pada dasarnya wilayah pedesaan juga memiliki potensi yang besar sebagai pusat perekonomian. Ekosistem bisnis di dalamnya pun bisa jauh lebih beragam dibandingkan dengan yang ada di kota-kota besar. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha di desa yang menjanjikan keuntungan yang besar.

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan

Ada banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk memulai usaha yang cocok bagi Anda pemula di pedesaan. 

Usaha Bidang Peternakan

Usaha yang cocok untuk pemula di Pedesaan yang pertama adalah di bidang peternakan. Pedesaan adalah tempat yang potensial untuk mengembangkan usaha peternakan. 

Kultur dan sumber daya alam yang dimiliki wilayah pedesaan membuat eksosistem bisnis di desa bisa jauh lebih beragam. Berikut adalah jenis-jenis usaha yang bisa Anda lakukan di pedesaan.

Berternak Ayam Kampung

Berternak ayam kampung adalah usaha ternak yang pertama yang dapat Anda kembang bagi pemula di pedesaan. Berternak ayam kampung cukup mudah. Wilayah pedesaan menjadi tempat yang cocok untuk berternak ayam kampung karena fasilitas pendukung yang lebih mudah didapatkan.

Untuk memulainya pun dibutuhkan modal yang tidak terlalu besar, perawatannya pun tidak semahal saat ternak hewan lainnya seperti sapi atau kambing. Dengan berternak ayam kampung pun Anda bisa mendapatkan dua pilihan bisnis sekaligus, yaitu menjual dagingnya dan menjual telur ayam kampung. Satu lagi, harga jual ayam kampung relatif lebih mahal dari jenis ayam lainnya dan permintaannya pun selalu tinggi.

Ternak Lele 

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan selanjutnya adalah ternak lele. Selain ayam kampung, melakukan budidaya ikan lele juga menjadi jenis usaha yang potensial untuk dilakukan di desa. Tersedianya lahan yang kosong membuat desa menjadi tempat yang cocok untuk ternak lele.

Modal yang dibutuhkan melakukannya tidak begitu besar, tapi menjanjikan keuntungan yang berlipat. Lele pun masih menjadi salah satu sumber protein hewani yang populer. Selama masih ada warung pecel lele di jalanan berarti permintaan akan ikan berkumis ini masih tinggi.

Anda bisa memilih antara fokus ke pembibitan ikan lele atau langsung fokus ke ternak pembesaran hingga ke panen. Keduanya memiliki teknik dan jenis keuntungan yang berbeda-beda. Jika Anda tidak memiliki jaringan langsung ke pasar ada baiknya mulai dari ternak pembibitan anakan ikan lele terlebih dahulu.

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan Bidang Jasa

Selain perternakan bidang jasa juga dapat menjadi peluang bagi pemula untuk membuka usaha di Pedesaan.

Berikut adalah beberapa usaha dibidang jasa yang cocok untuk pemula di Pedesaan:

Agen Pengiriman

Ide usaha lain yang bisa kamu jalani di desa adalah agen pengiriman barang. Hal ini sangat penting untuk mendukung mobilitas barang, baik dari desa menuju kota atau sebaliknya.

Apalagi, dengan semakin maraknya tren belanja online di masyarakat, ide bisnis yang satu ini terlihat sangat menjanjikan.

Oleh sebab itu, jasa ekspedisi cukup dibutuhkan oleh masyarakat desa untuk menopang perekonomian setempat.

Usaha Jasa Menjahit

Sandang adlah salah satu kebutuhan manusia yang primer, oleh karena itu membuka usaha menjahi pakaian adalah peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk dibuka di desa.

Namun sama seperti membuka bengkel tentu anda harus memiliki kemampuan menjahit terlebih dahulu. Mengingat ini adalah usaha rumahan tentu kemampuan tersebut harus dimulai dari diri Anda.

Membuka Bengkel

Jika ada adalah orang yang memiliki kemampuan di bidang otomotif atau mekanik, maka usaha yang cocok untu pemula di pedesaan yang dapat Anda buka adalah dengan menawarkan jasa dengan membuka bengkel.

Meskipun di pedesaan tidak bisa dipungkiri bahwa jasa ini cukup diperlukan. Karena sekalipun di pedesaan masyarakat setidaknya memanfaatkan kendaraan seperti motor untuk alat transportasinya oleh karena itu jasa ini cocok untuk dijadikan ide membuka usaha.

Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan di Bidang kuliner

Selanjutnya usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan adalah di bidang kuliner. Ada banyak pilihan juga untuk usaha dibidang kuliner.

Membuka Warung Kopi

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan pertama adalah dengan membuka warung kopi. Budaya meminum kopi tentu tidak hanya bagi masyarakat kota. Masyarakat di pedesaan amat gemar meminum kopi. Bahkan dipedesaan warung kopi juga kerap dijadikan tempat nongkrong oleh penduduk setempat. Oleh karena itu usaha dengan membuka warung kopi juga cukup potensial sebagai ide usaha rumahan di pedesaan.

Membuka Warung Makan

Usaha selanjutnya yang dapat anda buka dipedesaan dan memliki peluang mendatang keuntungan dalah dengan membuka warung makan. Hal ini karena makan adalah kebutuhan utama manusia sehingga tentu aka nada permintaan. Meskipun dipedesaan warung makan tetap akan memiliki eksistensinya sendiri.

Anda dapat memulai usaha ini dengan skala rumahan dengan modal berapapun.

Usaha Jajanan Ringan

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya adalah dengan menjual jajanan ringan. Usaha ini dapat anda buka terutama jika rumah anda terletak tidak jauh dari sekoah dasar atau pusat keramaian desa.

Jenis makanan ringan dapat beragam seperti gorengan, hingga sosis, bakso bakar dan lain-lain.

Menjual Makanan Khas

Usaha selanjutnya yang dapat kamu rintis di pedesaan sekalipun kamu pemula adalah dengan menjual makanan khas dari daerah tersebut. 

Hal ini juga potensial mengingat setiap daerah pastilah memiliki makanan khas atau oleh-oleh khasnya sendiri, dengan strategi pemasaran yang tepat usaha jenis ini dapat memiliki potensi untuk meraih keuntungan yang tinggi,

Apalagi ditengah kemudahan teknologi saat ini, pemasaran dapat dilakukan secara online dengan mudah.

Penutup

Itulah tadi beberapa ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Meskipun di pedesaan jenis-jenisu usaha tersebut tidak dipungkiri dengan strategi usaha yang tepat dan promosi usaha yang tepat akan dapat menghasilkan banyak keuntungan.

~Selamat mencoba

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter