Cara Menerbitkan Buku Di Gramedia, Langkah Lengkap Sampai Naskah Diterima

Konten [Tampil]

Pada artikel ini akan dijeleskan mengenai cara menerbitkan buku di gramdia. Namun sebeum itu berikut adalah sekilah tentang penerbit Gramedia.

Gramedia merupakan salah satu penerbit mayor yang ada di Indonesia. Penerbit Gramedia sendiri memiliki enam penerbit yang berada di grup penerbit Gramedia.

Enama penerbit tersebut adalah Gramedia Pustaka Utama atau disingkat GPU, kemudia Elex media Komputindo, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), m&C,! dan Bhuana llmu Populer atau disingkat BIP.

Untuk Kamu yang ingin mengirimkan tulisan bisa memilih diantara penerbit tersebut. Keenam penerbit atau keenam penerbit tersebut bisa Kamu coba satu persatu. Namun sebelum itu ada baiknya kamu mempelajari tipe buku yang diterbitkan oleh masing-masing penerbit tersebut karena basanya setiap penerbit memiliki gaya selingkung atau persyaratan tertentu baik itu tentang genre atau hal lainnya.

Cara Menerbitkan Buku di Gramedia

Pada umumnya untuk mengirmkan buku kepada penerbit seorang menulis harus mengirimkan buku melalui post kepada penerbit. Begitu juga kepada Gramedia, namun di tangan kemudahan teknologi saat ini Gramedia telah menyediakan cara untuk menerbit buku melalui sistem online yaitu Digital Publishing System.

Menerbitkan Buku di Gramedia Melalui Digital Publishing System

Berikut adalah cara menerbitkan buku di Gramedia melalui Digital Pubshiling System.

Cara Mendaftar di Digital Publishing System

Langkah pertama untuk menerbitkan buku di Gramedia adalah dengan mendaftar di laman Digital Publishing System.

cara menerbitkan buku di gramedia

  1. Caranya itu dengan mengakses Digital Publishing System (dps.gramedia.com). Lakukan registrasi dengan mendaftarkan e-mail yang aktif, buat password akun, lalu klik "Register".
  2. Langkah selanjutnya adalah buka email yang kamu daftarkan dan kemudian cek kotak masuk e-mail yang digunakan untuk registrasi. Buka e-mail aktivasi lalu klik link aktivasi.
  3.  Apabila sudah berhasil melakukan aktivasi, login lagi untuk mengisi data pribadi.
  4. Cara berikutnya adalah jika sudah mengisi data dan klik "Simpan", berarti kalian sudah berhasil bergabung di Digital Publishing System. Perlu dicgaribawahi bahwa registrasi ini bersifat gratis gratis dan siapa pun bisa mendaftar.

Cara Mengirimkan Naskah ke Penerbit Gramedia Melalui Digital Publishing System

Setelah berhasil melakukan pendaftaran dan berhasil melakukan regestrasi dan aktivitasi akun langkah selanjutnya dari cara menerbitkan buku di Gramedia adalah dnegan mengirimkan naskah yang hendak kamu terbikan.

Untuk naskah yang akan dikirimkan sebenarnya dari Gramedia tidak ada ketentuan khusus mengenai format penulisan ataupun jumlah halaman yang harus kamu krimkan.

Bagain pentingnya adalah format file yang dikirimkan adalah berupa pdf dan berukuran maksimal 50 mb dan hal lain yang perlu dipastikan bahwa naskah yang kamu kirimkan sudah rapi agar editor bisa dengan mudah melakukan tugasnya kegita mereview tulisan Kamu

Berikut adalah cara untu mengirimkan naskah ke penerbit yang berada di grup Gramedia melalui Digital Publishing System

  1. Buka bagian dashboard akun kemudian klik bagian “Kirim Naskah”
  2. Cara berikutnya adalah pilih penerbit yang akan dituju. Dalam satu kali proses upload, boleh memilih maksimal tiga penerbit. Namun tetap diperbolehkan jika kamu hanya ingin mengirim ke 1 penerbit saja.
  3. Ikuti tahap-tahapnya sampai selesai, dari mulai menulis judul, menulis sinopsis, mengunggah file, hingga mengisi data naskah, lalu klik "Selesai".
  4. Jika sudah ada tampilan bahwa "Naskah Telah Diunggah", berarti naskah kalian sudah berhasil dikirim ke penerbit.
  5. Ketika naskah berhasil diunggah, tunggu sampai naskah kalian di-review oleh editor, ya. Setiap ada perubahan status bisa dipantau sendiri di dashboard.

Penutup

Itulah tadi cara menerbitkan buku di Gramedia yaitu melalui Digital Publishing System. Hal ini tentun sangat akan mempermudah kamu untuk mengrimakan Naskah kepada penerbit Gramedia serta Kamu Dapat memantau sendiri progress naskah yang telah kamu kirimkan.


~selamat Berjuang

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter