10+ Peluang Usaha Rumahan di Desa, Ide Segar Untuk Memulai Bisnis

Konten [Tampil]
peluang usaha rumahan di desa

Siap bilang berbinis hanya berbisnis hanya dapat dilakukan di Kota ? Peluang usaha rumahan di desa adalah salah satu peluang yang tidak boleh diabaikan karena peluangnya cukup potensial.

Peluang usaha di desa menjadi potensial karena berbagai hal, diantaranya adalah karena tingkat persaingan yang relatif rendah dan dengan modal usaha yang mungkin tidak terlalu banyak.

Selain itu jika kita ingin membuka usaha di desa maka akan tersedia banyak opsi jenis usaha atau peluang yang tersedia. Kemudian juga usaha kemungkinan akan mudah diterima karena masyarakat desa akan relative mudah menerima sesuatu yang dpat memudahkan kehidupan mereka dan bahkan mereka akan sangat merasa terbantu dengan kehadariran kita.

Peluang Usaha Rumahan di Desa

Pada artikel ini akan diuraikan beberapa ide usaha yang dapat menjadi ide segar bagi kamu yang ingin membuka usah di desa. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya Desa adalah tempat yang tidak kalah potensialnya dari kota sebagai tempat untuk memulai usaha.

Peluang Usaha Toko Kelontong

Peluang Usaha Rumahan di desa yang pertama adalah dengan membuka toko kelontong. Jenis usaha ini tentu snagat dibutuhkan bagi masyakat dimanapun berada.

Jika di wilayah perkotaan toko-toko kecil harus bersaing dengan ritel seperti indomaret dan alfamart, namun di desa ? masih ada kemungkinan bahwa masyarakat leih percaya berbelanja kepada tetangganya atau bahkan di tempat anda berada belum ada minimarket sejinis ini maka peluang untuk membuka tokok ini lebih potensial.

Selain itu jika Anda mampu untuk membuka usah toko kelontong yang lengkap tentu toko anda kaan mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhanya karena mereka tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk membeli sesuatu.

Di tinjau dari segi keuntungan memiliki toko kelontong juga tidak bisa di remehkan. Hal ini akan terjadi terutama jika pintar mencari toko grosir alias tempat kulakan yang murah. Meski bukan termasuk usaha yang bisa menghasilkan laba besar dan cepat tetapi keuntungan besar mengelola usaha ini adalah selalu ada cash flow alias uang setiap hari  sehingga keluarga Anda tidak perlu terancam kelaparan karena kehabisan amunisi. Mau toko Anda cepat mengembang?

Anda harus menciptakan sistem pelayanan yang baik bagi semua pembeli yang notabene sebagian besar adalah tetangga Anda. Salahsatu caranya dengan menyisihkan keuntungan dari hasil penjualan toko Anda dan setiap setahun sekali misalnya sebelum lebaran Anda membagi-bagikan bingkisan lebaran bagi tetangga Anda.

Ini dapat menjadi cara promosi sekaligus mempererat tali persaudaraan.

Membuka Warung Kopi

Budaya meminum kopi tentu tidak hanya bagi masyarakat kota. Masyarakat di pedesaan amat gemar meminum kopi. Bahkan dipedesaan warung kopi juga kerap dijadikan tempat nongkrong oleh penduduk setempat. Oleh karena itu usaha dengan membuka warung kopi juga cukup potensial sebagai ide usaha rumahan di pedesaan.

Peluang Usaha Konter Pulsa

Tidak dapat dipungkiri internet, telpon adalah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masa kita kini termasuk dipedesaan. Maka membuka usaha rumahan di desa di bidang konter pulsa yang menyediakan pulsa, paket internet dan pernak-pernik lain seperti kabel charger dan perlengkapan lainnya adalah pelung usaha rumahan di desa yang kemungkinan dapat menguntungkan.

Menjadi Pengepul Hasil Pertanian

Pertanian biasanya adalah salah satu sektor yang diandalkan sebagai matapencaharian di desa-desa. Permasalahan yang kerap muncul di daerah-daerah seperti ini adalah masyakat kebingungan untuk menjual hasil pertaniannya. Oleh karena itu Anda dapat menajdi pihak yang membantu mereka sekaligus memanfaatkan peluang usaha tersebut sebagai sumber penghasilan.

Membuka Peternakan

Membuka peternakan juga merupakan salah satu peluang usaha rumahan di desa yang dapat dijadika ide jika Anda berada di desa. Seperti diketahui jika kita membuka peternakan di desa akan snagat mudah untuk mencari bahan pakan segar oleh karena itu membuka perternakan dapat dijadikan ide untuk membuka usaha rumahan di Desa.

Selain itu banyak opsi untuk jenis usaha ini misalnya ternak ayam, lele, sapi, kambing dan lain-lain.

Membuka Usaha Bengkel Rumahan

Bengkel adalah usaha berikutnya yang dapat anda buka di Desa. Walaupun di Desa tentu biasnaya masyakat memiliki alat transportasi terutama motor yang mejadi andalan.

Namun untuk membuka usaha jenis ini tentu And aharus memiliki keterampilan untuk memperbaiki motor. Jenis usaha ini cocok jika anda adalah orang memiliki latar belakang dengan kemampuan tersebut.

Usaha Jasa Menjahit

Sandang adlah salah satu kebutuhan manusia yang primer, oleh karena itu membuka usaha menjahi pakaian adalah peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk dibuka di desa.

Namun sama seperti membuka bengkel tentu anda harus memiliki kemampuan menjahit terlebih dahulu. Mengingat ini adalah usaha rumahan tentu kemampuan tersebut harus dimulai dari diri Anda,

Membuka Warung Makan

Usaha selanjutnya yang dapat anda buka dipedesaan dan memliki peluang mendatang keuntungan dalah dengan membuka warung makan. Hal ini karena makan adalah kebutuhan utama manusia sehingga tentu aka nada permintaan. Meskipun dipedesaan warung makan tetap akan memiliki eksistensinya sendiri.

Anda dapat memulai usaha ini dengan skala rumahan dengan modal berapapun.

Usaha Jajanan Ringan

Usaha ini dapat anda buka terutama jika rumah anda terletak tidak jauh dari sekoah dasar atau pusat keramaian desa.

Jenis makanan ringan dapat beragam seperti gorengan, hingga sosis, bakso bakar dan lain-lain.

Agen Pengiriman Barang

Ide usaha lain yang bisa kamu jalani di desa adalah agen pengiriman barang. Hal ini sangat penting untuk mendukung mobilitas barang, baik dari desa menuju kota atau sebaliknya.

Apalagi, dengan semakin maraknya tren belanja online di masyarakat, ide bisnis yang satu ini terlihat sangat menjanjikan.

Oleh sebab itu, jasa ekspedisi cukup dibutuhkan oleh masyarakat desa untuk menopang perekonomian setempat.

Toko Oleh-Oleh Daerah setempat

Menjual makanan khas atau mengembangkan sovernir yang menjadi ciri khas dari tempat anda berada tentu adalah peluang usaha rumahan selanjutnya.

Namun hal ini dapat berlaku jika memang desa tempat Anda berada adalah tempat yang sering dikunjungi oleh orang dari luar.

Membuka Salon

Memotong rambut dan perawatan tubuh lainnya tentu juga dibutuhkan di daerah pedesaa, terutama pada bagain potong rambut tersebut.

Oleh karena itu ide usaha rumahan di desa selanjutnya adalah dengan membuka salon. Salon yang Anda buka dapat melayani pangkas rambut dan bahkan mehyediakan jasa makeup, karena tidak dapat dipungkiri bahwa makeup untuk acara tertentu akan dibutuhkan walaupun di pedesaan.

Selain itu dii Salon, Anda dapat menyediakan peralatan untuk perawatan tubuh seperti skincare sehingga penduduk di daerah tersebut dapat membeli dari Salon Anda.

Penutup

Itulah tadi beberapa ide segar peluang usaha rumahan di desa yang dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Walaupun di pedesaan tentu peluang usaha tersebut sangatlah banyak, beragam dan tentunya potensial. Selamat mencoba.


 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter