Sinopsis Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Resensi)

Konten [Tampil]

Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata adalah salah satu karya yang cukup fenomenal. Pada artikel ini kalian akan kembali diajak untuk mengenang bagaimana cerita novel Laskar Pelangi melalui sinopsis novel laskar pelangi.

Tentu banyak kalangan yang setuju kalau saya bilang bahwa hingga saat ini cerita dari novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata ini tetap terngiang dalam ingatan para penggemaranya. Hal ini juga didukung dengan hadirnya cerita Laskar Pelangi dalam bentuk visual yaitu film.

Pada artikel ini akan diuraikan sinopsis novel laskar pelangi dan resensi bukunya yang terdiri dari uraian beberapa unsur intrinsik didalam novel tersebut.

sinopsis novel laskar pelangi

Sinopsis Novel Laskar Pelangi 

Sebelum lebih jauh menguraikan sinopsis novel Laskar pelangi mari kita telaah terlebih dahulu berbarapa hal.

Pengertian Sinopsis

Pertama yaitu berkenaan dengan kata sinopsis itu sendiri. Apa itu sinopsis ?. Sinopsis adalah sebuah ringkasan yang cukuo padat dan jelas dari sebuah buku atau novel, film, atau teater. Meskipun singkat dan padat, bebuah sinopsis yang baik adalah yang tidak menghilangkan unsur-unsur penting dari sebuah cerita atau naskah.

Untuk dapat membuat sinopsis cerita harus mencapai dua hal, yaitu pertama, menyampaikan isi naskah, dan kedua, harus menarik untuk dibaca. Termasuk sinopsis novel Laskar Pelangi ini. 

Tetralogi Laskar Pelangi

Novel berjudul Laskar Pelangi ini adalah novel pertama dari serangkaian tetralogi milik Andrea Hirata. Buku lanjutan Laskar Pelangi ini, berturut-turut adalah Sang Pemimpi, Endesor.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Sinopsis Novel Laskar Pelangi secara garis besar bercerita tentang kehidupan sekumpulan anak-anak di Belitung. Tokoh dalam novel ini diantaranya adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan juga Harun. 

Kesepuluh anak ini adalah murid dari sebuah Sekolah Dasar yaitu SD Muhammadiyah di Gantung Belitung Timur. Kondisi pendidikan dalam cerita ini cukup miris, gedung sekolah hampir roboh dan juga muridnya sedikit, dalam kelas laskar pelangi isinya hanya sepuluh anak tersebut yaitu mereka yang disebut dengan para Laskar Pelangi. 

Ke-sepuluh murid tersebut adalah para laskar pelangi. Nama yang diberikan guru mereka bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka terhadap pelangi. 

Novel laskar pelangi karya Andrea Hirata ini bercerita keseharian mereka di sekolah serta juga bagaimana mereka menjalankan kehidupannya di lingkungan sosial. Mereka adalah anak-anak desa dengan tekad luar biasa. Perjalanan mereka dipenuhi kejadian yang tak terduga. 

Berbagai sisi kehidupan para Laskar Pelangi dari Belitung ini diceritakan dalam novel ini mulai dari tantangan mereka untuk bersekolah, hingga lucunya persahabatan mereka.

Dalam perjalanan mereka pada novel Laskar Pelangi ini secara perlahan mereka menemukan keunggulan dalam diri dan persahabatan. 

Novel laskar pelangi berkisah perjuangan hidup kesepuluh anak ini menghidupkan cita-cita di antara kehidupan mereka yang berat. Ada dinamika di dalamnya. Manis meski berat. Kisah khas anak-anak yang memandang dunia dengan ambisi yang sederhana.

Sudut Pandang Novel Laskar Pelangi 

Selain jalan cerita sebuah sinopsis juga tidak luput dari berbagai unsur lainnya, salah satunya adalah berkenaan dengan sudut pandang cerita. 

Dalam novel laskar pelangi ini sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama sebagai orang pertama yaitu mengggunakan aku. Tokoh aku yang dimaksud adalah Ikal salah satu murid dara para Laskar Pelangi. 

Tokoh Dan Penokohan Cerita Novel Laskar Pelangi 

Dalam sinopsis novel laskar pelang juga digambarkan tokoh dan penokohan. Tokoh Ikal sebagai tokoh pemilik sudut Pandang cerita ini digambarkan sebagai seorang anak yang pintar, meskipun ia sendiri menempati urutan kedua diantara para Laskar Pelangi setelah Lintang. 

Kesepuluh murid dalam novel Laskar Pelangi ini mempunyai karakter dan minat dan juga latar belakang yang berbeda-beda. Termasuk diantaranya ada yang menyukai matematika seperti Lintang atau yang tertarik dengan sastra seperti Ikal.

Selain kesepulah laskar pelangi ada beberapa tokoh penting lainnya dari cerita ini salah satunya guru mereka yaitu Bu Mus. Ia adalah sosok yang banyak berperan dalam perjuangan Para Laskar Pelangi. 

Amanat Cerita Novel Laskar Pelangi

Amanat atau pesan moral adalah suatu pelajaran atau hikmah yang dapat kita petik dari sebuah cerita atau kisah. 

Dari cerita para Laskar Pelangi, perjungan mereka dalam menempuh dan mendapatkan pendidikan adalah cambuk bagi kita semua yang telah berada dalam kondisi yang lebih baik untuk lebih bersemangat.

Itulah tadi sinopsis novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata, semoga ada hal yang dapat menjadikan kita lebih baik lagi melalui cerita para anak-anak Laskar Pelangi ini. 


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter