Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Novel Dengan Mudah

Konten [Tampil]

Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi jika kegiatan yang menyenangkan tersebut dapat menjadi sumber untuk mendapatkan uang. Saat ini ada banyak situs atau platform yang memfasilitasi para penulis novel untuk mendapatkan uang dari menulis. Pada artikel ini akan diuraikan cara mendapatkan uang dari menulis novel.

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Novel 

Ada banyak cara mendapatkan uang melalui kegiatan menulis novel. Cara tersebut mulai dari yang pada umumnya dilakukan oleh penulis yang sudah memiliki nama, hingga cara mendapatkan uang dari menulis novel untuk penulis pemula. 

cara mendapatkan uang dari menulis novel

Berikut adalah cara menghasilkan uang dari menulis novel:

Mendapatkan Uang Dari Penerbitan Novel

Cara menghasilkan uang dari menulis novel yang paling umum di kalangan penulis adalah dengan menerbitkan buku melalui perusahaan penerbit.

Untuk dapat menerbitkan buku, penulis mengirimkan naskah kepada perusahaan penerbit baik penerbit mayor maupun penerbit minor. 

Setelah novel berhasil diterbitkan, penulis dapat melakukan penjualan baik secara mandiri atau melalui perusahaan penerbit yang menerbitkan novel tersebut.
Itulah tadi cara mendapatkan uang dari menulis novel yang pertama. 

Mendapatkan Uang Dari Menulis Novel Melalui Aplikasi atau Situs 

Untuk dapat menerbitkan novel melalui perusahaan penerbitan bagi penulis pemula mungkin akan terasa cukup tidak mudah untuk dapat menerbitkan dan melakukan penjualan novel untuk menghasilkan uang dari menulis novel, karena jika melalui penerbit mayor akan ada proses review atau seleksi yang cukup ketat untuk naskah yang mereka terima.

Namun tidak perlu khawatir kalian tetap dapat mengdapatkan uang dari menulis novel melalui berbagai situs atau flatform yang dapat membayar kamu ketika kamu menulis novel.  

Saat ini ada banyak situs atau aplikasi menulis cerita atau novel yang menghasilkan uang.

Berikut adalah daftar situs atau aplikasi menulis cerita yang dapat kamu jelajahi untuk mendapat uang dari menulis novel.

Noveltoon 

Cara mendapatkan uang dari menulis novel yang dapat kamu coba adalag melalui aplikasi atau flatform yang bernama uang Noveltoon. Cara mendapatkan uang melalui aplikasi ini adalah dengan sistem reward.

Reward akan kamu dapatkan jika rajin membuat cerita dan cerita menarik yang membuat pembca tertarik pembaca melihat ceritamu. Jika banyak pembacanya banyak maka karyamu akan mendapat reward. Kalau novel atau cerita yang kamu tulis mencapai 30 ribu kata kamu dapat mengajukan kontrak pada pihak Noveltoon.

Wattpad

Cara mendapatkan uang dari menulis novel yang pertama adalah dengan menulis cerita pada aplikasi atau flatform yang bernama Wattpad. 

Wattpad sendiri adalah aplikasi yang menyediakan novel atau berbagai cerita lainnya yang cukup banyak diminati saat ini. Banyak dari cerita atau novel dari flatform ini yang diangkat ke Layar Lebar.

Penulis novel dapat menghasilkan uang melalui aplikasi atau situs Wattpad melalui berbagai cara, diantaranya dengan melalui koin yang dibayarkan oleh pembaca ketika hendak membaca novel yang kamu tulis, fitur ini bernama paid stories.

Storial

Situs atau flatform berikutnya yang patut kamu coba untuk mendapatkan uang dari menulis novel adalah storial.co.

Cara mendapatkan uang dari menulis novel melalui aplikasi menulis novel ini dapat dilakukan dengan muda yatu kamu tinggal mengirimkan naskahmu ke Editor in Chief Storial.co lewat email jia@storial.co. 

Setelah kamu mengirim naskah ke email tersebut, naskah akan melewati proses review oleh tim editor Storial. Jika naskah yang dikirimkan lolos tahapan seleksi maka kamu akan mendapatkan royalti dari para pembaca yang tertarik dengan cerita yang kamu tulis.

Melalui aplikasi storial kamu mendapat uang dari royalti dari setiap pembaca yang membeli cerita atau novel yang kamu tulis dan berstatus.

Itulah tadi beberapa situs atau flatform yang dapat kamu coba untuk mendapatkan uang dari menulis novel. Masih banyak aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang dari menulis novel, kamu dapat cek selengkapnya pada tulisan aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang pada link yang disematkan ini.

Pada artikel ini ada dua cara untuk mendapatkan uang dari menulis novel, baik dengan cara yang konvensional yaitu mendapatkan uang dengan menerbitkan novel pada penerbit kemudian melakukan penjualan dan juga menulis melalui aplikasi atau flatform tertentu dan mengdapat uang dari sana.

Namun bagaimanapun cara yang akan kamu tempuh, satu hal yang pasti yaitu harus semangat serta konsisten untuk menulis. ~Selamat berjuang.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter