Daftar Biaya Penerbitan Buku Dari Berbagai Penerbit Top Indonesia

Konten [Tampil]

Menerbitkan buku saat ini bukanlah hal yang sulit. Ada banyak pihak penerbit yang menerima berbagai naskah atau karya dengan berbagai genre mulai dari fiksi hingga yang bersifat ilmiah. Berbagai perusahaan penerbit ini memiliki biaya penerbitan yang beragam ada juga diantaranya yang menerapkan system royalty kepada penulis. 

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang biaya penerbitan buku dari berbagai penerbit top di Indonesia.

Saat ini di Indonesia dikenal dua tipe perusahaan penerbit dikenal dengan nama yaitu penerbit mayor dan indie. Sebelum lebih jauh melihat daftar biaya penerbitan buku dari berbagai perusahaan penerbit buku, berikut adalah biaya penerbitan buku di penerbit mayor dan indie.

Biaya Penerbitan Buku
Sumber: canva


Biaya Penerbitan Buku di Penerbit Mayor

Penerbit mayor lebih simpelnya dapat disebut dengan perusahaan penerbit besar. Pada perusahaan penerbitan ini mereka mempunyai modal yang besar untuk melakukan penerbitan. Buku yang diterbitkan di penerbit mayor sudah pasti ada International Standard Book Number (ISBN).

Untuk biaya penerbian buku di penerbit-penerbit Mayor tidak dibebankan kepada penulis alias penulis tidak perlu membayar sepeserpun untuk buku yang akan diterbitkan. Untuk menerbitkan satu judul buku, penerbit sudah mengeluarkan modal. Mereka menanggung semua biaya sejak proses awal hingga buku terpajang di took.

Namun dibalik biaya penerbitan buku di penerbit mayor yang gratis ada hal yang perlu disadari adalah untuk menembus penerbit mayor tidak semudah jika kita menerbitka buku melalui penerbit indie. Seleksi naskah kepenerbit mayor lumayan membutuhkan ekstra effort.

Pembagian hasil jual buku di penerbit mayor adalah dengan system royalty. Pada umumnya royalty yang diterima penulis adalah 10-15 persen. 


Biaya Penerbitan Buku di Penerbit Indie

Berbeda dengan penerbit mayor yang agak sulit ditembuh menerbitkan buku di penerbit indie mungkin akan lebih mudah. Namun untuk biaya penerbitan di perbit indie cukup mememerlukan modal dari kantong pribadi penulis.

Berbagai penerbit indie menetapkan biaya penerbitan buku yang berbeda-beda. Selain biaya penerbitan buku. Biaya penerbitan buku di perusahan penerbitan indie juga biasanya meliputi biaya profreeding, edit, layoting, membuat cover dan lain sebagainya. Selain itu jika menerbitkan buku di penerbi indie kita juga akan dibebani biaya untuk mempunyai International Standard Book Number (ISBN), namun beberapa penerbit indie juga tidak mengharuskan buku yang diterbitkan untuk memiliki ISBN.

Biaya penerbitan buku di berbagai penerbit indie yang ada di Indoesia akan di uraikan pada poin-poin dibawah ini.


Biaya Penerbitan Buku di Indiee Book Corner

Pada halaman websitenya penerbit Indiee Book Corner memaparkan biaya penerbitan buku pada perusahaan mereka sebagai berikut. Namun sebelum itu mereka juga menambahkan informasi untuk biaya piaya penerbitan buku bersifat unik dan akan diinfokan pada penulis setelah naskah diterima. Artinya Indiee Book Corner akan mengalkulasi biaya cetak berdasar spesifikasi buku seperti jumlah halaman, jenis cover, kuantitas cetak, dan sebagainya.

Untuk biaya penerbitan buku dan biaya lain seperti layanan editing, layout, cover, dan ISBN di penerbit ini adalah sebagai berikut:

  • Biaya edit & proofreading: Rp.7.500,-/halaman.
  • Proofreading saja: Rp.5000 per halaman.
  • Biaya Layout: Rp.3.500,-/halaman.
  • Biaya Cover: Rp.750.000,-
  • Pengurusan ISBN: Rp.400.000,-

Biaya penerbitan buku ini sudah termasuk pendaftaran ISBN di Perpusnas + Cetak 4 eksemplar + biaya pengiriman 2 buku bukti terbit ke Perpustakaan Nasional, 1 buku bukti terbit ke Perpustakaan Daerah, dan 1 Arsip Penerbit.


Biaya Penerbitan Buku di Penerbit Deepublish

Biaya penerbitan buku di Dee Publish meliputi fasilitas: Desain cover, layouting, proses ISBN sampai finishing dan cetak dummy serta publikasi melalui online marketing dan ebook secara gratis (free). Biaya pelayanan penerbitan buku akan dihitung per judul buku sebagai berikut:

  • Desain Cover Buku (Rp 250.000)
  • Layout dan Proof Read Naskah Buku (Rp 350.000)
  • Legalitas ISBN (Rp 250.000)
  • Percetakan Sampel Buku (Rp 150.000)
  • Diskon Khusus untuk Pendaftar Penulis. Rp 1.000.000
  • Total Biaya Pelayanan per Judul Buku Rp 0

Penulis hanya mengganti biaya cetak saja. Menerbitkan buku di Penerbit Buku Deepublish tidak ada minimum oplah mencetak, karena jumlah cetak disesuaikan kebutuhan penulis.


Biaya Penerbitan Buku di Penerbit Garudhawaca

Biaya penerbitan buku di Penerbitan buku di Penerbit Garudhawaca dibebankan berdasarkan naskah dari penulis.  Berdasarkan laman website mereka biaya penerbitan buku di perusahaan penerbit ini adalah sebagai berikut:

  • Biaya Setting dan Layout Rp 2.000/halaman (Harga ini untuk buku ful text atau dengan beberapa ilustrasi, bukan karya buku yang bersifat banyak grafisnya)
  • Biaya Desain cover Rp 250.000 untuk desain cover.
  • Biaya cetak jumlah cetakan yang diorder juga bebas kok, minimal 20 eks. Tapi tenang, semua bisa dibicarakan dengan asas kekeluargaan.
  • Donasi Seni. Nah, yang ini agak unik dibanding penerbit lain. Jadi gini teman-teman. Penerbit Garudhawaca (lebih tepatnya mas Didik si empunya usaha) berkomitmen mendukung kegiatan seni melalui beberapa inisiatif kegiatan kecil yang dia sebut Adisukma Inisiatif. Nah, setiap ada judul baru yang diterbitkan bersama Garudhawaca, kami meminta penulis menyumbang untuk program Adisukma Inisiatif ini. Berapa nominalnya tentu saja bebas karena ini Donasi. 
  • Donasi ini hanya perlu/wajib di awal terbit tiap judul. Kalo setelah terbit dan order pertama penulis mau cetak lagi judul yang sama sudah tidak perlu lagi kasih donasi. 
  • Ongkos kirim. Yang ini juga tentu saja bergantung pada berat barang dan alamat tujuan.

Nah itulah biaya penerbitan buku di Garudhawaca. Berita baiknya adalah poit 1 dan 2 bisa gratis kalau dari pihak penulis sudah menyiapkan sendiri. 


Biaya Penerbitan Buku di ELLUNAR PUBLISHER

Menerbitkan buku di Ellunar bisa melalui dua cara/jalur: bisa kirim naskah dulu (jalur normal) atau konfirmasi pembayaran dulu (jalur booking). Untuk lebih lanjut mengenai du acara ini dapat teman-teman kepoin langsung pada website mereka.

Untuk biaya penerbitan buku di Ellunar Publiher mereka menawarkan paket lengkap seharga Rp500.000 (maksimal isi naskah 100 halaman A4). Lebih dari 100 halaman dikenai biaya tambahan Rp2000/halaman. 

Mereka juga juga menerima naskah berbahasa Inggris dengan tambahan biaya proofread Rp50.000 per 50 halaman A4 (di luar biaya penerbitan Rp500.000).

Biaya penerbitan buku sebesar lima ratus ribu tersebut meliputi fasiltas sebagai berikut:

  • Edit ejaan dan tanda baca sesuai KBBI dan PUEBI (tanpa mengubah isi)
  • Tata letak/layout isi naskah
  • Desain sampul standar dengan kesempatan revisi 1x (kamu boleh mengajukan sampul sendiri/request ke tim redaksi/tidak request dan menyerahkan sepenuhnya ke tim redaksi)
  • Mendapatkan nomor ISBN (international standard book number)
  • Buku dicetak 5 eksemplar; 2 buku untuk Perpustakaan Nasional (syarat ISBN), 1 buku untuk penerbit, 2 buku untuk penulis gratis ongkir
  • Rincian buku: sampul laminasi glossy, isi kertas A5 bookpaper print hitam-putih, dan segel plastik wrapping
  • Sistem POD atau cetak buku berkala tanpa minimal pemesanan (setiap ada yang pesan, kami siap cetak di jadwal cetak terdekat)
  • Jasa penjualan, pengiriman buku, dan bantuan promosi di media sosial dan website
  • Jasa laporan penjualan dan transfer royalti setiap bulan

Dengan biaya penerbitan buku sebesar lima ratus ribu tersebut penulis akan memperoleh dua buku namun untuk tambahan jumlah buku penulis harus menambah biaya pencetakan untuk buku ketiga, namun tidak untuk biaya lain seperti editing dan lain-lain.

Itulah tadi daftar biaya penerbitan buku di berbagai penerbit Indie dan juga sistem biaya penerbitan buku di penerbit mayor. Masih banyak lagi beberapa penerbit yang menyediakan harga yang beragam pula untuk menerbitkan buku. Selamat berkarya~


Related Posts

4 komentar

  1. Btw penerbit indie yang gratis juga .
    Ternyata variatif juga ya yg berbayar. Aku kelewat atau gimana, belum menemukan pembagian royalti yg indie. Apakah sama dengan mayor atau lebih besar karena modal sendiri? (Niat nulis gak jadi2 kwkw)

    BalasHapus
  2. Pengen euy tulisanku dirangkum jadi buku terus dipajang di Toko Buku kayak Gramed, tapi kapan...mulai aja belom hahaha

    BalasHapus
  3. pengennya sih ke penerbit mayor, tapi kan gak semudah itu ya. btw, kak Rani sendiri apakah sudah pernah ada pengalaman menerbitkan buku?

    BalasHapus
  4. Informasinya lengkap banget nih Mbak. Sangat membantu bagi yang butuh jasa penerbitan buku indie. Tinggil pilih sesuai budget dan kebutuhan ya. Sangat menarik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi 🤭

Subscribe Our Newsletter