4 Kemampuan Utama HRIS Dalam Membantu Mengoptimalkan Kinerja HRD

Konten [Tampil]
Kemampuan HRIS

Apakah Anda sebagai HRD sering kewalahan dalam menangani administrasi seperti penggajian, rekap absensi, dan menghitung pajak penghasilan?   Sudah bukan hal yang asing, bukan? Berkat perkembangan teknologi, sudah banyak perusahaan mulai beralih menggunakan HRIS untuk menyederhanakan tugas administrasi yang terkenal rumit dan memakan waktu lama. 

Adanya HRIS bukan untuk menggantikan peranan HRD. justru sebaliknya, HRIS hadir untuk melengkapi kinerja HRD agar lebih optimal. 

Sebenarnya, apa saja sih kemampuan utama dari HRIS seputar administrasi karyawan? Mari kita ulas satu-satu! 

Memproses Penggajian dengan Cepat dan Akurat

Salah satu proses administrasi yang dikenal memakan waktu lama adalah perhitungan gaji karyawan. 
Berkat dukungan otomatisasi dari HRIS, HRD dapat memproses perhitungan gaji termasuk para komponennya seperti iuran BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, tunjangan, dan sebagainya dalam waktu singkat dan hasil yang akurat. 

HRD dapat langsung mentransfer gaji karyawan ke rekening masing-masing karyawan setelah selesai proses penggajian.  

Melakukan Survey Kepuasan Kinerja

Kepuasan kinerja karyawan adalah salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas performa. Untuk itu, perusahaan umumnya melakukan survey rutin untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan kinerja karyawan. 

HRIS dapat membantu HRD untuk mengadakan survey kepuasan kinerja karyawan dengan menyebar survey secara serentak. Karyawan bisa langsung mengisi survey tersebut dan hasilnya akan langsung masuk ke dalam sistem. Selanjutnya, HRD akan menganalisis hasilnya untuk menentukan strategi manajemen karyawan. 

Mengatur Pengelolaan Informasi Karyawan

Informasi karyawan adalah salah satu aspek konfidensial yang harus dijaga oleh perusahaan. Bisa dibilang bahwa dokumentasi informasi karyawan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan dan manipulasi data, perusahaan dapat mulai menyimpan data karyawan dalam satu sistem terpusat menggunakan HRIS. 

Tak hanya aman dan rahasia, HRIS juga membantu HRD dalam mengurangi dokumen fisik yang terkenal banyak sering memenuhi lemari arsip. 

Mengelola Cuti, Izin, dan Kehadiran Karyawan 

Karyawan umumnya akan mengajukan cuti dan izin karena keadaaan tertentu. Misalkan karena sakit, ada anggota keluarga yang meninggal, dan lain sebagainya. HRD harus mengelola berbagai pengajuan yang masuk dari karyawan, kuota, serta karyawan mana yang berhak mengajukan. Begitu pula dengan kehadiran karyawan. 

Berkat adanya HRIS, perusahaan dapat mengelola berbagai pengajuan cuti, izin, dan kehadiran karyawan jauh lebih simpel dibandingkan cara manual. 

Banyak HRIS yang ditawarkan oleh berbagai vendor di pasaran. Namun, perusahaan harus memilih vendor yang tepat dan terpercaya. Salah satu yang direkomendasikan adalah LinovHR. Sebagai vendor terkemuka, LinovHR sebelumnya sudah dikenal sebagai software absensi karyawan. Sehingga kualitas HRIS dari LinovHR tak perlu lagi diragukan. 

Itulah tadi beberapa kemampuan utama HRIS delam membantu kinerja HRD. 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan HRIS untuk membantu kinerja HRD di perusahaan Anda? Semoga ulasan di atas dapat membantu dan menambah wawasan Anda! 


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter