Resensi Novel Laskar Pelangi Karya Andre Hirata

Konten [Tampil]

Resensi Novel Laskar Pelangi  - Novel yang berjudul Laskar Pelangi adalah karya penulis Andre Hirata yang menceritakan tentang kondisi pendidikan dan perjuangan sekolompok anak-anak di Belitung Timur.

Novel yang berjudul Laskar Pelangi ini adalah buku pertama dari tetralogi, ketiga novel lain yang merupakan lanjutan dari cerita pada novel ini adalah masing-masing berjudul Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. 

Cerita novel Laskar Pelangi saat ini telah diadaptasi dalam berbagai bentuk mulai dari film, drama musikal, bahkan lagu.

Resensi Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Sebelum masuk lebih lanjut pada pembahasan mari kita lihat terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan resensi.

Resensi sendiri dalam beberapa bahasa  melihat kembali, menilai atau menimbang. Jadi kurang lebih yang dimaksud dengan resensi novel adalah ekgiatan memberikan ulasan, atau menguraikan kembali bagian-bagian dalam sebuah novel.

Dalam resensi novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata kali ini ada beberapa unsur yang akan diuraikan diantaranya adalah unsur intrinsik seperti tema, penokohan dan alur. Maupun ekstrinsik seperti kualitas kertas atau berhubungan dengan penulis.

Resensi Novel Laskar Pelangi


Identitas Buku Laskar Pelangi

Judul: Laskar Pelangi

Penulis: Andrea Hirata

Penerbit Bentang Pustka

ISBN: 9793062797 

Sinopsis Laskar Pelangi (Blurb)

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu—bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan Padamu Negeri di akhir jam sekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita. Selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya. Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia: pendidikan.

Tokoh dan Penokohan Novel Laskar Pelangi

Tokoh dalam novel Laskar Pelangi diantaranya adalah A Ling, Lintang, Ikal, Muslimah Hafsari, Harfan Effendy Noor, Floriana, Mahar.

Ikal adalah digambarkan sebagai sosok yang menempati peringkat kedua dalam Laskar Pelangi. Ia adalah sesosok anak yang sangat menyuakai sastra. Ikal sangat suka menulis sajak dan puisi.

Sedangkan A Ling adalah wanita yang disukai oleh Ikal. Lintang adalah teman sebagku Ikal yang yang sangat pintar. Nmaun ia mempunyai latar belakang yang miskin sampai beberapa kali dalam cerita Laskar pelangi ini teman-teman dan gurunya saling berupaya untuk dapat mengajaknya bersekolah. 

Muslimah atau Bu Mus adalah sosok wanita yang merupakan guru Laskar Pelangi. Ia digambarkan sebagai wanita yang tangguh dan gigih dalam memperjuangkan pendidikan bagi anak-anak laskar pelangi.

Sudut Pandang Novel Laskar Pelangi 

Sudut pandang adalah identifikasi dari sudut mana seorang penulis menjalankan ceritanya. Karena sudut pandang adalah salah satu unsur dalam cerita maka dalam rensesnsi novel Laskar Pelangi ini sudut Pandang merupakan poin yang seharusnya juga diuraikan. 

Dalam novel laskar pelangi ini sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama sebagai orang pertama yaitu mengggunakan aku. Tokoh aku yang dimaksud adalah Ikal salah satu murid dara para Laskar Pelangi. Dari sudut pandang Ikallah cerita dalam novel Laskar Pelangi mengalir. 

Amanat Cerita Novel Laskar Pelangi

Amanat atau pesan moral adalah suatu pelajaran atau hikmah yang dapat kita petik dari sebuah cerita atau kisah. Amanat ini juga termasuk merupakan unsur dalam sebuah cerita sehingga dalam resensi novel Laskar Pelangi ini seseorang yang menulis resensi hendaknya menguraikan bagaimana pesan moral yang ia dapat dari membaca novel tersebut. 

Dari cerita para Laskar Pelangi, perjungan mereka dalam menempuh dan mendapatkan pendidikan adalah cambuk bagi kita semua yang telah berada dalam kondisi yang lebih baik untuk lebih bersemangat.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Laskar Pelangi

Kelebihan dan kekurangan dalam sebuah novel juga merupakan bagian dalam resesnsi novel Laskar Pelangi. Dalam bagian ini penulis resensi mengemukan bagaimana pendapatnya menginai novel tersebut. Jadi uraian berikutnya yang akan kalian baca adalah murni pendpata pribadi.

Kelebihan Novel Laskar Pelangi

Novel ini memilliki cerita yang sangat menarik dan sangat dekat dengan isu yang ada disekitar kehidupan kita yaitu tentang bagaimana kondisi pendidikan di beberapa wilayah di Negara kita yang masih belum merata.

Perjuangan Ikal dan Para Laskar Pelangi adalah cerita yang dapat mengugah semangat untuk dapat lebih bersyukur dan lebih bersemangat.

Kekurangan Novel Lakar Pelangi

Cerita pada novel LaskarPelangi adalah cerita yang spesifik yaitu tentang sekelompok pemuda dari di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Ada beberapa bagian diksi atau situasi yang agak sulit dipahami. 

Penutup

Itulah Resensi Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Tentu ada banyak bagian yang tidak disebutkan dalam resensi ini atau boleh jadi ketika teman-teman membaca sendiri akan menemukan hal0hal berbeda dari apa yang ada pada artikel ini. Jadi Selamat membaca~

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi šŸ¤­

Subscribe Our Newsletter