Software Yang Akan Mempermudahmu Merampungkan Skripsi

Konten [Tampil]
Skripsi bisa jadi merupakan momok bagi sebagian (kebanyakan) mahasiswa tingkat akhir, karena skripsi merupakan syarat untuk dapat meraih gelar sarjana di Kebanyakan Perguruan Tinggi di Indonesia. Berbagai cerita dari kakak tingkat (senior) mungkin telah sedikit banyak mempengaruhi mindsetmu tentang skripsi. 


Baca juga : 

Namun percayalah mungkin skripsi seharusnya tidak semenyeramkan itu, suatu saat ketika semuanya sudah terlewati kamu akan membayangkan kembali momen-momen perjuanganmu dengan skripsi dengan tersenyum (cielah malah curcol kwkwk). Berikut sofware atau aplikasi yang bisa mempermudahmu merampungkan skripsi, mulai yang paling basic hingga yang jarang banyak diketahui orang.

    Software Yang Akan Mempermudahmu Merampungkan Skripsi
  1. Microsoft Word

    Microsoft Word merupakan sofware paling utama yang harus kamu pahami untuk dapat mengerjakan skripsimu dengan baik. Meskipun terdengar mudah atau bahkan remeh, namun faktanya banyak orang-orang yang masih belum mengetahui dengan baik berbagai fitur-fitur di dalamnya. Berdasarkan pengalaman, ternyata orang disekelilingku ketika kuliah (dulu) yang bahkan tidak mengerti bagaimana cara membuat daftar isi untuk skripsi mereka melalui aplikasi ini. Bahkan kalau boleh jujur bahkan aku pribadi berkali-kali membuka tutorial ketika menggunakan ms word dikarenakan lupa tentang fitur-fitur dalam software satu ini.



  2. Mendeley
                                             Software Yang Akan Mempermudahmu Merampungkan Skripsi
    Sofware ini sangat recomended, akan sangat membantu dalam mempermudah skripsimu. Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu mengorganisir penelitian, berkolaborasi dengan peneliti lain secara online dan menemukan publikasi penelitian terakhir. 

    Dengan kata lain dengan mendeley kamu dapat menyimpan, mengelompokkan dan mengelola sumber-sumber atau referensi mu secara mudah. Mendeley akan memudahkan kita ketika hendak membuat kutipan atau melakukan sitasi dan membuat daftar pustaka (bibiliografi) secara otomatis. Jadi gak perlu lagi mengecek satu persatu judu, nama penulis, tahun terbit dan lain sebaganya dari referensi yang digunakan dalam skripsi.

    Selain itu juga dengan software ini, kita dapat mencari artikel-artikel sesuai kebutuhan skripsi dengan sangat mudah, karena kita kita membuka atau membaca suatu artikel melalui aplikasi ini otomatis Mendeley akan menyarankan artikel dengan topik bahasan yang serupa. 



  3. Grammerly
                                         Software Yang Akan Mempermudahmu Merampungkan Skripsi

    Salah satu permasalahan mahasiswa dalam menulis skripsi dan menyebabkan revisi berulang-ulang adalah kesahan dalam tata bahasa dan salah ketik atau typo. Tidak hanya dalam menulis skripsi, aplikasi ini dapat digunakan semua kalangan yang berhubungan dengan ketik-mengetik. 

    Aplikasi ini mengecek teks untk menentukan penggunan kata yang tepat dengan lebih dari 250 aturan tata bahasa terkini, yang mencakup segala sesuatu dari subjek-kata kerja hingga keperluan pembuatan artikel agar dapat memberikan penempatan yang tepat. Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan masukan penggunaan ejaan yang benar, seehingga konteks kalimatnya menjadi benar, mengoreksi kesalahan dalam penggunaan kata, dan dengan rekomendasi dari Grammarly ini.



  4. Typoonline
    Typoonline merupakan sebuah website yang fungsinya mirip-mirip dengan sofware sebelumnya. Dengan situs ini kita bisa memeriksa tulisan skripsi kita dengan cepat, selain itu terdapat kamus bahasa indonesia sehingga kita bisa belajar tulisan yang benar dari suatu kata dan apa makna dari kata tersebut.

  5. Google Drive/ Dropbox
    Aplikasi atau situs ini mungkin tidak akan berdampak secara langsung ketika kamu mengerjakan skripsi, namun percayanya penyimpanan semacam ini sangat diperlukan. Sangat tidak dianjurkan hanya puas dengan menyimpan file-file skripsi saat sedang proses bimbingan pada laptop/flasdisk karena hal itu mengandung resiko yang tidak terduga.

    File skripsi yang disimpan pada perangkat keran sangat rentan rusak dan hilang. Sehingga penyimpanan berbasis online adalah solusi yang bijak. 


Related Posts

2 komentar

  1. Kebetulan saya lagi sibuk nyusun skripsi sekarang, untuk Mendeley dan Grammerly apakah gratis? Atau berbayar? Sejauh ini saya lumayan kesulitan karna harus membuat daftar isi sendiri, belum lagi harus mengelompokkan dapus hmm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftar isi ada caranya sendiri kak yg singkat tanpa perlu bikin manual, sila googling sendiri. suamiku pake mendeley sama grammarly nih, berbayar sih tapi..

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ?

Subscribe Our Newsletter