Beautiful World: Drama Korea Yang Menguras Air Mata

Konten [Tampil]

Drama Korea Beautiful World
Foto: tv.jtbc.joins.com


Beautiful World 
merupakan drama asal Korea Selatan dengan jumlah 16 episode dengan masing-masing episode rata-rata berdurasi 60 menit. Drama Korea ini mulai tayang episode pertamanya pada 5 April 2019 lalu dan selesai pada 25 Mei 2019 terhitung cukup lawas sih baru nonton sekarang, tapi toh gak akan mengurangi apa pun. Beautiful Wolrd masih bisa disaksikan diberbagai flaform seperti Netflix, Iflix atau yang sejenisnya. 

Alur Cerita Drama Korea Beautiful World

Beuatiful World mengusung isu kekerasan dalam hal ini bullying yang terjadi dalam lingkungan pendidikan yaitu sekolah yang disikapi dengan sudut pandang yang salah oleh orang-orang dewasa. Kejadian yang terjadi dalam drama Beautiful World ini sampai harus menyebabkan hilangnya nyawa. 

Episode pertama Beautiful world dimulai dengan setting ketika gerhana bulan purnama muncul, seorang anak bernama Park Sun Ho yang diperankan Nam Da Reum "terjatuh" dari atap sekolahnya yaitu SMP Seah sehingga divonis mati otak dan harus terbaring koma. Kasus ini dengan cepat menyebar dan akhirnya ditutup dengan minim investigasi dengan kesimpulan bahwa Sun Ho loncat dari atap dengan sengaja alis bunuh diri. 

Namun pihak keluarga yaitu orang tua yaitu Park Moo Jin dan Kang In Ha, adiknya yaitu Park Soo Ho, dan bibinya tidak percaya bahwa Sun Ho melakukan tindakan bunuh diri seperti yang disimpulkan penyidik kepolisian. Berbagai kejanggalan menguatkan spekulasi mereka, mulai dari hilangnya berbagai barang bukti seperti ponsel milik Sun Ho hingga cctv sekolah yang secara kebetulan tidak berfungsi.

Orang tua dan adik Park Sun Ho yaitu Suho berjuang untuk mencari pembuktian atas kejanggalan peristiwa yang menimpa Sun Ho. Setiap episode drama Beautiful World ini menyajikan fakta-fakta baru mengenai kasus tersebut, namun dalam perjalanan tersebut mereka terus menemui kesulitan untuk mengungkapkan apa yang terjadi karena ternyata peristiwa yang yang menyebabkan Sun Ho koma melibatkan orang yang mempunyai cukup power untuk "berkuasa" atas hukum yang berlaku.

Namun ending dari drama Beautiful World ini cukup membuatku lega sebagai penonton, dimana endingnya berakhir dengan saharusnya sesuai harapan dimana tokoh-tokoh protagonis akhirnya menikmati manisnya perjuangan mereka.

Beautiful World: Drama Korea Yang Menguras Air Mata

Judul tulisan ini mungkin agak lebay, tapi Drama Korea yang berjudul Beautiful World ini benar-benar bisa menguras air mata. Drama Beautiful World ini berhasil membuat terisak bahkan sejak episode pertamanya. Bagaimana tidak,gambaran sebuah keluarga yang bahagia tiba-tiba harus luluh lantak oleh suatu kejadiaan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. 

Seperti yang telah kuuraikan melalu cerita singkat di atas, setiap episode dalam drama ini menyajikan perjuangan orang keluarga Park Sun Ho untuk menemukan fakta-fakta tentang peristiwa yang menimpa anak mereka mereka. Perjuangan mereka yang tidak mudah inilah yang aku jamin akan mengundang air mata ketika menyaksikannya.

Dialog-dialog diantara mereka ketika mereka saling menguatkan adalah tontonan yang sangat memilukan. Menyaksikan mereka bahu membahu saling meneminjamkan kekuatan ketika melihat kondisi Sun Ho yang terbaring lemah benar-benar mengundang air mata untuk jatuh. 

Berbagai tokoh dalam keluarga tersebut ditampilkan dengan kondisi mental yang benar-benar jatuh, namun mereka seolah kembali dalam keaadaan baik-baik saja ketika mereka bersama dan menemukan berbagai petunjuk atas apa yang mereka yakini yaitu bahwa Park Sun Ho tidak mungkin melakukan bunuh diri. Mereka perlahan menemukan petunjuk bahwa dalam kejadian tersebut anak mereka tidak sendirian di lokasi atau menemukan indikasi bahwa kejadian tersebut seolah direkayasa untuk terlihat sebagai sebuah upaya bunuh diri.

Tokoh  dan Quote Favorit Dalam Drama Beautiful World

Dalam drama Beautiful World  tokoh favoritku jatuh pada Park Soo Ho yang diperankan oleh Kim Hwan hee. Sebagai seorang adik dan seorang anak Park Soo Ho benar-benar berperan penting untuk menjaga suhu perjuangan keluarganya dalam menyelidiki kasus kakaknya.

Saat kedua orang tuanya selalu sibuk menyakinkan diri, bahwa mereka harus selalu baik-baik saja Soo ho dengan bijaknya meyakinkan mereka bahwa dalam kondisi tersebut mereka tidak dilarang untuk merasa tidak baik-baik saja.

Kita tidak perlu berpura-pura merasa baik-baik saja, merasa hancur bukan berarti kita penakut (Soo ho eps. 6)
Dalam perjuangan kedua orang tuanya Soo ho juga tidka hanya berperan sebagai seorang penonton. Ia juga turut terlibat dalam melakukan aksi-aksi kecil untuk mencari fakta mengenai kakaknya tersebut. Soo ho bahkan juga membuat petisi untuk kasus tersebut. Ia merangkul teman-teman kakaknya yang turut merasakan jatuh dengan kejadian yang menimpa Park Su ho.

Tokoh Soo ho sebagai adik dalam drama Beautiful World ini mengingatkanku pada tokoh Asmara Jati pada Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori yang sebelum ini ppernah ku tulis. Baik Soo ho maupun Asmara Jati adalah dua tokoh yang punya persefektif waras dalam menanggapi kejadiaan sulit yang menimpa orang terdekat mereka, meskipun konteks kejadian keduanya sangat berberda.

Yang Bisa Dipelajari Dari Drama Korea Beautiful World
  1. Tindakan bullying bisa berakibat fatal.
    Tidak bisa dipungkiri bahwa aksi bullying sangat dekat dengan kita terutama dikalangan remaja dewasa ini. Aksi bullying mungkin terlihat remeh namun bisa sangat berakibat fatal terhadap kondisi mental para korban dan dapat berdampak dalam jangka panjang. 

  2. Orang Tua Harus Berskip Bijaksana Dalam Menanggapi Kesalahan Anak
    Drama Beautiful World ini memeprtontonkan bagaimana, para orang tua dari pelaku pembully Sun ho melakukan berbagai cara untuk menutupi dan meringankan konsekuensi yang harus diterima oleh anaknya, tanpa melihat bagaimana selanjutnya anak tersebut akan tumbuh tanpa belajar dari kesalahan yang telah ia perbuat.

  3. Pentingnya Peran Seorang Guru
    Selain kondisi mental keluarga, dalam drama Beautiful World ini juga dipertontonkan tentang penyesalan seorang guru yaitu wali kelas Park Sun ho yaitu Lee Jin Wo. Ia meresa tidak mengetahui apa-pun tentang murid-muridnya sehingga tidak menyadari tentang kasus bullying yang terjadi. Selain itu pekerjaan Ayah Park Sun ho yang merepukan seorang guru juga mempertontonkan bagaimana guru pentingnya peran seorang guru dalam diri seorang anak. 

  4. Pentingnya Memilih Orang Yang "Tepat" Sebagai pasangan
    Dalam drama asal Korea Selatan kisah tentang kehidupan yang romantis mungkin banyak ditemui, namun pada drama Beautiful World ini pesan yang kutangkap bukan hanya sebatas drama-drama pada umumnya yang berkisah tentang perjuangan sepasang kekasih dalam memperjuangkan hubungan mereka.

    Pada drama ini diipertontonkan beragai kondisi keluarga yang terlibat. Mulai dari yang pasnagan suami istri yang saling mendukung untuk berjalan kearah yang benar hingga pasangan yang bersepakat untuk menempuh jalan yang tidak seharusnya dengan dalih "demi anak".

    Namun yang paling terlihat adalah bagaimana pasangan Park Moo Jin dan Da In Ha orang tua dari Park Sun-ho. Mereka saling menguatkan, tetap saling bahu membahu untuk tetap berjuang demi kebenaran. Berulang kali dialog tentang betapa beruntungnya keduanya memiliki satu sama lain diselipkan dalam berbagai kesempatan.
    drama korea beautiful world
Jika bukan bersama dirimu mungkin aku tidak akan kuat untuk menghadapi semua ini (Park Moo jin)
Beautiful World atau jika translate Dunia yang Indah pada judul drama ini, menurutku merupakah sebuah diksi yang bernada satir. Bagaimana tidak jika Dunia Indah yang dipertonton adalah dimana tempat ketidakdilan hukum dengan mudah terjadi, dimana manusia bisa menghilangkan nyawa orang lain agar kepentingannya tetap berjalan dengan baik. 
Tapi bagaimanapun pada endingnya dunia yang "indah" ini masih akan menemui waktu dimana "indah" bukan lagi sekedar diksi bagi manusi a yang tetap berjuang dan berpegang teguh dengan nilai-nilai kebaikan, setidaknya seperti yang dilakukan Park Sun ho dan Keluarganya.
Masih banyak lagi yang mungkin bisa kamu pelajari dari drama ini, jujur ini adalah kali pertama aku mencoba mengulas sebuah drama jadi gak tau apa yang seharusnya disampaikan. 

Terimakasih, Selamat menonton~











Related Posts

4 komentar

  1. Saya kira tadi ini nama lain dari film True Beauty ternyata berbeda. Menarik untuk di tonton, next lah kalo kuota banyak di tonton.

    BalasHapus
  2. Drakor yang baru aku tonton adalah Start up, cuma itu. yang lain ndak tahu heheee

    BalasHapus
  3. Tak hobi drakor hehee tapi alur ceritanya ini menggambarkan sebuah ironi yang benar-benar terjadi di dunia nyata, ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi šŸ¤­

Subscribe Our Newsletter