Cara Menentukan Judul Skripsi, Langsung Disetujui

Konten [Tampil]

cara menentukan judul skripsi langsung disetujui

Skripsi dikalangan kebanyakan mahasiswa dikenal sebagai sebuah momok yang terdengar menyeramkan. Hal ini karena skripsi merupakan syarat untuk dapat meraih gelar sarjana dan menyelsaikan pendidikan strata satu di perguruan tinggi negeri di Indonesia. 

Mengingat pentingnya tahapan penyusunan skripsi ini untuk nasib pendidikan dan masa depan Mu, persiapan yang matang bahkan sejak menginjak semester awal akan sangat membantu untuk mempercepat penyelsaian skripsi. Salah satu tahapan awal yang merupakan gerbang untuk memasuki tahapan menulis skripsi adalah menentukan judul skripsi yang menarik sehingga langsung disetujui pembimbingmu. 

Tahapan menentukan judul skripsi ini mungkin terdengar mudah dan seringkali dianggap remeh. Namun pada kenyataanya justru menentukan judul skripsi tidak semudah yang dibayangkan. Menentukan judul yang tepat untuk skripsi sangatlah tricky. Tidak sedikit ditemui kasu-kasus fatal yang dialami mahasiswa karena kesalahan judul, bahkan banyak mahasiswa yang harus mengulang skripsinya dari awal karena pemilahan judul yang ambigu atau tidak jelas.

Oleh karena itu sebelum memutuskan judul untuk skripsimu ada baiknya kamu pertimbangkan dengan baik. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menentukan judul yang menarik untuk skripsimu sehingga langsung disetujui oleh pembimbing skripsimu.

Mengamati Lingkungan Sekitar

Mengamati lingkungan sekitar tempat kamu berada merupakan cara awal yang bisa dilakukan untuk dapat menemukan inspirasi dan ide untuk judul skripsimu. Permasalahan yang mungkin terlihat sederhana disekitarmu bisa jadi merupakan suatu sumber inspirasi untuk skripsimu. Karena pada dasarnya skripsi seharusnya merupakan sesuatu yang bisa menawarkan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat.

Untuk dapat melihat permasalahan tersebut sehingga dapat dijadikan ide untuk menentukan judul skripsi haruslah diamati dengan cermat. Salah satu cara yang bisa kamu coba duntuk mengamati lingkungan sekitarmu adalah dengan menyiapkan lembar observasi atau melakukan wawancara dan menyiapkan berbagai pertanyaan hal-hal yang kamu temui.

Jika kamu kuliah di bidang pendidikan, maka sekolah sekitar tempatmu berada adalah tempat yang kamu amati. Kamu bisa melihat permasalahan apa yang terjadi dalam pembelajaran, mengamati kebiasaan-kebiasa peserta didik dan hal-hal lainnya. 

Contoh lainnya jika kamu kuliah di jurusan ekonomi, maka tempat yang mungkin kamu bisa amati untuk menentukan judul skripsimu adalah pasar-pasar disekitar tempatmu tinggal. Bahkan kamu bisa menjadikan rumahmu sendiri sebagai hal yang diamati untuk menentukan judul skripsi mu.

Setelah mengamati lingkungan sekitarmu (sesuai dengan jurusan kuliah), niscaya kamu setidaknya akan menemukan hal-hal yang menarik yang dapat memberimu inspirasi untuk menentukan judul skripsi yang menarik dan langsung disetuji oleh pembimbing.

Memperkaya Bacaan

Cara lain yang dapat membantumu untuk menentukan judul skripsi adalah dengan memperbanyak membaca. Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca adalah hal yang sangat penting bagi semua orang terkhusus bagi seorang mahasiswa. 

Dari membaca kamu akan menemui banyak fakta-fakta melalui penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya. Hal inilah yang akan sangat berguna untuk menentukan judul skripsi. Dengan membaca terutama penelitian-penelitian terdahulu kamu dapat menemukan kekurangan atau hal-hal yang tidak lagi sesuai dengan masa mu sehingga kamu dapat mengkaji hal tersebut lebih lanjut dan dengan cara yang lebih baik, Intinya adalah dengan banyak membaca akan semakin banyak ide yang dapat kamu temukan untuk menentukan judul skripsi Mu.

Selain untuk menentukan judul skripsi, memperkaya bacaan akan sangat berguna ketika kamu memasuki tahap menulis skripsi setelahnya. Teori-teori yang kamu baca bisa dijadikan landasan untuk penyelsaian skripsimu.

Menentukan Kriteria Judul Yang diinginkan

Cara menentukan judul skripsi selanjutnya adalah dengan melakukan analisis dan seleksi terhadap permasalahan-permasalahn yang kamu temui. Karena tidak semua permasalahan tersebut memungkinkan untuk dapat dijadikan judul skripsi. Pilihlah permasalahan yang kamu anggap paling cocok. Menetukan kriteria terhadap topik dan permasalahan yang ingin kamu kaji adalah solusi untuk cara untuk menentukan judul skripsi. 

Kamu dapat menyesuaikan kriteriamu dengan permasalahan-permasalahn yang tersedia disekelilingmu. Misalnya menyesuaikan permasalahan dengan jenis metode yang akan kamu gunakan. Selain itu kamu juga bisa menentukan judul skripsi dengan kriteria tambahan seperti besaran biaya yang kira-kira dihabiskan untuk melakukan sebuah penelitian untuk skripsi tersebut.

Atau jika kamu jurusan mu berkenanaan dengan penelitian lapangan maka mungkin pertimbangan jarak tempat tinggal dan tempat penelitian adalah hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam menentukan judul diantara permasalahan yang ada.

Dengan kriteria tersebut kamu dapat mempersempit pilihan dalam menentukan judul skripsi.

Ikut Berbagai Seminar dan Workshop

Mengikuti seminar dan workshop merupakan salah satu kegiaatan yang bisa kamu lakukan untuk membantu menentukan judul skripsi. Dengan mengkuti kegiatan semacam ini kamu bisa menuai berbagai pengetahuan dari para pembicara dan bisa menuntunmu kepada ide untuk dijadikan permsalahan dan judul skripsi.

Selain itu dengan mengikuti seminar dan workshop, kamu bisa menambah relasi yang juga bisa bermanfaat untuk skripsimu. Contohnya adalah dengan relasi tersebut kamu bisa dengan mudah menemukan narasumber untuk penelitian skripsi yang kamu garap. 

Apalagi dengan di era pandemi saat ini, semakin mudah untuk mengikuti berbagai seminar dan workshop dari rumah. 

Bertanya Dengan Kakak Senior

Kakak tingkat atau senior adalah salah satu sumber informasi dan teman berdiskusi yang bisa membuatmu memperoleh gambaran untuk menentukan judul skripsi. Hal ini karena mereka sudah melewati apa yang akan kamu hadapi, walaupun secara spesifik mungkin permasalahan yang akan kamu hadapi dengan permasalahan mereka akan sangat berbeda namun setidaknya kita bisa memperoleh gambaran menganai apa saja yang akan kamu hadapi.

Banyak hal yang bisa kamu tanyakan kepada mereka, seperti karakteristik judul seperti apa yang kira-kira akan disetujui oleh dosen tertentu. Jadi jangan takut untuk berdiskusi atau bertanya dengan seniormu di kampus, akan tetapi kamu juga harus memilah informasi yang masuk jangan ditelan secara mentah.

Diskusi Dengan Teman

Selain kakak tingkat, teman sebaya yang  juga sedang menjalani tahapan yang sama adalah orang yang bisa menjadi tempat berdiskusi untuk menemukan berbagai solusi yang berkenaan dengan judul skripsi.

Dengan berdiskusi dengan teman-teman, kamu akan menemukan berbagai persefektif baru yang bisa diterapkan untuk menentukan judul skripsi. 

Konsultasi Dengan Dosen Pembimbing

Dosen pembing juga merupakan orang yang bisa menjadi tombak untuk kamu menentukan judul skripsi. Dengan berkonsultasi secara rutin dengan pembimbing mu berbagai permasalahan yang berkaitan dengan skripsi mu akan cepat diketahui dan bisa untuk segera untuk diatasi sehingga tidak menghambat dalam prosenya.

Selain itu konsultasi dengan dosen pembimbing juga akan sangat membantumu untuk menentukan judul skripsi yang langsung disetujui karena dengan adanya diskusi tersebut kamu dapat memahami arah judul yang diinginkan oleh pembimbing. 

Cara di atas adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk dapat menentukan judul skripsimu. Selamat berjuang, untuk pejuang skripsi~

Related Posts

21 komentar

  1. Wah, jadi inget kuliah dulu, kalo nggak salah 2x revisi judul, hehe..

    BalasHapus
  2. wah keren tipsnya sangat membantu 😁

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat informasi tutorialnya kak, terima kasih

    BalasHapus
  4. Mumpung saya masih di semester 2 boleh juga nih sebagai nambah wawasan sekaligus mempersiapkan skripsi di tingkat akhir nanti. Thanks ya mbak !

    BalasHapus
  5. Wah berguna nih.bisa aku share ke adik2 yg lagi berjuang lulus. Aku dulu juga beebrapa kali gabti judul hiks. Kalau inget jaman kuliah segitunya yaa

    BalasHapus
  6. Aku jadi sedih belum bisa nyelesain kuliah. Baru di pertengahan. Jadi belum ngerasain rempongnya ngurus skripsi. Hehe

    BalasHapus
  7. Aku jadi inget kalau pas skripsi dulu judul aku itu hasil rekomendasi dosen lapangan hahaha untung semua lancar. Sama persiapannya adalah ilmu komumikasi biar dapet data-datanya mudah ;)

    BalasHapus
  8. Informatif dan bermanfaat sekali. Jadi ingat masa-masa menulis skripsi, dulu rasanya susah banget nyusun judul, tapi alhamdulillah bisa terlewati dengan baik.

    BalasHapus
  9. Pejuang skripi harus tahan banting dan mental baja menghadapi revisian

    BalasHapus
  10. Inget skripsi jadi inget masa2 sulit. Skripsi jadi momok banget waktu itu. Eh tapi setelah dijalani dengan niat yg kuat alhamdulillah jadi ringan wkwkw yg penting kerjainnya ga ditunda2 aja gitu yaa

    BalasHapus
  11. Cocok bangett niih yang akan masuk ke bagian skripsi saat perkulihahan.
    Btw, judul skripsi ku dulu termasuk yang langsung di setujui, hehehe

    BalasHapus
  12. Waduh, urusan skripsi udah terlewati 14 tahun yang lalu. Alhamdulillah waktu itu judul langsung di-acc, ngelarin skripsi juga cuma 3 bulan kalau nggak salah. Alhamdulillah dimudahkan.

    Aaah, jadi kangen bikin skripsi.. kuliah lagi seru kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi malu, mbaknya lebih expert nih. Pasti pengalamanya lebih buanyakkk

      Hapus
  13. yang paling ampuh sih langsung minta saran dosen pembimbing dengan memberikan beberapa pilihan. biasanya dosen kan suka nanya tuh kenapa ambil judul ini, terus ditambahin deh dikir-dikit sama dosen, hehehe

    BalasHapus
  14. biaanya sih aku minta saran dosen aja, tapi sebelumnya udah nyiapin beberapa pilihan judul. jadi dosen tinggal nentuin sebaiknya ambil yang mana

    BalasHapus
  15. bener juga nih tips nya mba, makasih ya, aku jadi semangat nyari judul thesis :D

    BalasHapus
  16. Wah ini emnang tricky bgt ya kan mikir judul aja aku lama bgt hihi blom isi dll.. keren mba

    BalasHapus
  17. Setujuuu banget.

    Boleh tambahin satu? Spesifik. Makin kecil ruang lingkup judulnya, makin besar kemungkinan disetujui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh benar banget ni mbak, terimakasih tambahannya👏

      Hapus
  18. Poin 7 ini sptnya yg paling utama ya. Karena kalau dosen pembimbing bilang NO mau gak mau harus ganti.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ? Berkomentar tidak disarankan dengan anonim ya, biar bisa silahturahmi 🤭

Subscribe Our Newsletter