Jangan Khawatir Dengan Hasil

Jangan Khawatir Dengan Hasil

Ketika menjalani sebuah proses untuk meraih sesuatu katakanlah sebuah impian, kerap kali, bahkan terlalu sering kita (dalam konteks ini yang paling utama adalah diriku sendiri) terlalu khawatir tentang hasil. Padahal dibandingkan dengan hasil ada yang jauh lebih penting dan harus segara diraih disamping itu. Ia adalah proses, yaitu jalan untuk sampai pada hasil. Oleh karena itu jangan khawatir dengan hasil.

Mari kita uraikan kenapa kita harus memaksakan diri untuk tidak khawatir dengan hasil, karena jika terlalu memikirkan hasil maka tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami hal ini:

  1. Lebih dekat dengan kegagalan
    Ketika kita terlalu khawatir dengan hasil, fokus kita hanya akan tertuju padanya. Padahal dalam perjalanannya ada banyak kerikil, lubang, tanjakan turunan dan segala bentuk rintangan lainya yang menanti.

    Hal ini bisa kita umpama kan ketika seseorang akan menyebrang jalan. Ketika kita berada pada sebuah tempat penyebrangan jalan dan sisi lain dari tempat kita berdiri adalah hasil yang ingin kita tuju. Ketika kita fokus dengan hasil kita tentu akan gelap mata dan terburu-buru untuk sampai keseberang jalan tersebut tanpa meluangkan waktu untuk menoleh kiri-kanan untuk sekedar meyakinkan diri bahwa jalanan yang akan kita lalui aman. Karena sikap tersebut maka peluang kita untuk terjatuh atau mengalami kecelakan dalam perjalanan akan lebih besar, 

    Maka untuk meminimalisir kegagalan dalam sebuah proses meraih tujuan kita harus memaksakan mindset kita untuk fokus kepada prosesnya bukan hanya sekedar hasil. Dalam perumpamaan sebelumnya caranya adalah dengan memperhatikan jalan yang akan kita lalui, memastikanya aman untuk setelah cukup barulah kita bisa berjalan dengan aman dan bisa sampai tujuan.

  2. Terjebak pada jalan yang salah
    Terlalu khawatir dengan hasil akan mendekatkan dengan jebakan proses yang salah. Ketika hendak mencapai sebuah tujuan akan ada banyak jalan yang membentang. jalan-jalan ini menawarkan berbagai variasi rute.

    Jika kita hanya berfokus dengan hasil atau tujuan yang hendak dicapai maka otomatis rute yang akan dipilih adalah yang paling pendek dan mudah. Padahal bisa saja jalan tersebut dibuat dengan merampas lahan orang lain atau dibuat dengan berbagai pelanggaran. Namun karena terlalu fokus dengan hasil yang membuat silau diujung jalan, kita cendrung untuk memilih acuh terhadap berbagai hal yang melanggar atau keburukan dibalik jalan tersebut.

    Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang baik maka sewajarnya jalan yang kita lalui haruslah baik. Jalan tersebut mungkin akan panjang dan berliku namun dengan begitu hasil yang akan kita peroleh juga akan semakin baik dan melimpah.

  3. Hasil yang diperoleh lebih sedikit
    Sebuah hasil seharusnya merupakan kompilasi dari perjalanan yang dilakukan. Hasil yang menjadi tujuan di ujung perjalanan tersebut merupakan bonus yang akan diperoleh setelah melalui perjalanan, sehingga dari sebuah perjalanan itu akan banyak hal yang dapat diperoleh.

    Namun jika terlalu dengan hasil yang menunggu di akhir perjalanan maka akan banyak hal-hal yang terlewatkan dan yang akan kita dapatkan hanya hasil tersebut. Ibaratkan perjalanan itu adalah ketika kita menjalani pendidikan (sekolah), jika kita hanya fokus dan khawatir dengan hasil maka proses dan keseruan selama bersekolah akan terlewatkan begitu saja, padahal di dalamnya terdapat banyak hikmah dan hasil yang sejati.
Oleh karena itu kita tidak perlu khawatir dengan apa yang menunggu kita di ujung sebuah perjalanan. Cukup nikmati saja jalur-jalur yang kita lalui saat ini, berusaha dengan sebaik mungkin sehingga ketika sampai di akhir perjalanan ketika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan makan setidaknya hasil kompilasi perjalanan tersebut sudah lebih dari cukup untuk menggantikannya yang seyogyanya hanya merupakan bonus.

Lagi pula dalam kehidupan di dunia ini tidak ada hasil akhir , karena hasil adalah sebuah awalan baru untuk perjalanan lain hingga Tuhan berkata cukup. Sehingga beruntunglah kita bahwa pahala yang kita dapatkan tidak dinilai dari hasil melainkan proses. Jadi jangan khawatir dengan hasil.

##
tulisan ini hanya sekedar apa yang terlintas dalam pikiran, jadi kalau kamu rasa berbeda atau tidak sesuai ya maklum saja. Kita  berbeda karena kita manusia ^^

Rani Oktapiani
Hanya seorang seperti kebanyakan orang

Related Posts

8 komentar

  1. Sepakat. Kompilasi perjalanan lebih indah dibanding hasil

    BalasHapus
  2. Sepakat. Kompilasi perjalanan lebih indah dibanding hasil

    BalasHapus
  3. Sepakat sekali, kita jangan khawatir terhadap hasil....

    BalasHapus
  4. Berfokus pada hasil sampai lupa bahwa ada yanh jauh lebih penting dari itu semua yaitu proses

    BalasHapus
  5. Jangan khawatir dengan hasil, khawatirlah amalan apa yang diperbuat dalam berproses🤤

    BalasHapus
  6. Siyap Mbakk :) serasa dikasih wejangan langsung nih. Timingnya pas. Tengkiyu :)

    BalasHapus
  7. Berproses yah kak betuls sekali :) Semangat terus Kaka ✨✨

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ?

Subscribe Our Newsletter