Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi by Bencoolen Coffe

Persaingan dunia kerja dan bisnis yang semakin tinggi menuntut para pencari kerja atau pemilik usaha untuk memiliki serta meningkatkan keterampilan kerjanya. Keterampilan kerja yang rendah saat ini juga diperparah dengan banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat adanya Pandemi Covid-19. Dalam hal ini Pemerintah meluncurkan Program Kartu Prakerja, yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut.

Kartu Prakerja

Program ini diperuntukan bagi semua masyarakat Indonesia yang berusia diatas 18 tahun dengan syarat sedang tidak menempuh pendidikan, baik sekolah atau kuliah. Sasaran penerima Kartu Prakerja utama adalah para pencari kerja usia muda, namun dengan di tengah Covid-19 yang mewabah, sementara waktu program ini diprioritaskan untuk pekerja maupun pelaku usaha mikro/kecil yang terdampak penghidupannya.

Solusi yang Ditawarkan Melalui Kartu Pra Kerja 

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  • Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong keberkerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

Saat ini pendaftaran Program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang ke-4, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program ini silahkan buka link website resminya disini.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi by Bencoolen Coffe

 Program Kartu Prakerja menawarkan banyak pilihan keterampilan yang dapat dikembangkan oleh para penggunanya. Salah satu materinya adalah pelatihan barista dan usaha kopi yang dilakukan oleh Bacoolen Coffe.

Materi pelatihan barista dan usaha warung kopi merupakan meteri yang banyak diminati oleh pengguna kartu prakerja, hal wajar jika menilik profesi sebagai barista dan pengusaha warung kopi memiliki prosfek yang sangat tinggi di Indonesia. Potensi tersebut juga didukung fakta bahwa kopi adalah komoditas unggulan pertanian Indonesia, selain itu juga konsumsi kopi merupakan tren yang digandrungi semua kalangan bahkan menjadi lifestyle dikalangan anak muda.

Barista sendiri adalah sebutan untuk orang yang ahli dalam meracik minuman kopi. Kopi yang diracik harus memilik rasa yang nikmat dan memiliki tampilan yang manis. Selain itu, seorang barista juga harus memiliki wawasan tentang seluk beluk kopi, mulai dari jenis, karakteristik hingga harga. 

Sedangkan Warung Kopi adalah tempat dimana kopi dijual. Saat ini warung kopi atau disebut coffeshop sudah menjamur dan memiliki banyak inovasi, mulai dari konsep bangunan yang diusung, fasilitas yang ditawarkan, hingga sajian produk yang bervariasi. 

Oleh karena itu untuk menjadi seorang barista yang handal dan pengusaha warung kopi yang sukses, kamu harus mulai belajar dengan bersungguh sungguh. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi yang dilaksanakan oleh Becoolen Coffe melalui program kartu prakerja.

Bencoolan Coffe adalah sebuah brand perusahaan yang mengembangkan dan mengelola kopi. Stok kopi yang didapat dari petani kopi dari Provinsi Bengkulu dan Provinsi lain penghasil kopi berkualitas di seluruh Indonesia.

Paket Yang Ditawarkan Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi by Bencoolen Coffe

Daftar Paket Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi by Bencoolen Coffe
(sumber: https://prakerja.bencoolencoffee.com/)
  1. Menjadi Barista Pemula
    Sesuai namanya paket pelatihan ini diperuntukan bagi kamu yang ingin memulai mimpi menjadi seorang Barista. Pada paket pelatihan ini materi yang akan didapatkan meliputi pemahaman tentang seluk beluk kopi mulai dari jenis kopi hingga karakteristik kopi, kemudian pada pelatihan ini juga akan diajarkan teknik-teknik dasar dalam pembuatan kopi, tidak lupa pada paket pelatihan ini akan dikupas tuntas tentang profesi barista dan juga pemahaman tentang tuga-tugas seorang barista.
  2. Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian Dengan Modal Minim
    Materi pada paket pelatihan ini meliputi pemahaman berwirausaha, impelentasinya terhadap kewirausahaan kopi, skema wirausaha kedai kopi susu kekinian, tips memelih lokasi berjualan dan penerapan wirausaha kopi mandiri. Paket pelatihan ini membawa penggunanya menjadi calon wirausahawan yang memiliki usaha warung kopi/ kedai dengan omset tinggi.
  3. Outlet Warung Kopi
    Paket ini berisi materi tentang persiapan membuka outlet/ warung kopi, peralatan yang disiapkan, perhitungan modal kerja, racikan kopi rasa cafe dengan harga murah, dan penerapan outlet warung kopi. 
Team Mentor Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi by Bencoolen Coffe

Bencoolen Coffe menyiapkan mentor-mentor terbaik yang ahli serta berpelangalam dalam dunia kopi untuk melatih para peserta pelatihan, mereka adalah:
  1. Adhe Linge, merupakan seorang barista trainer yang juga Direktur Produksi di PT. Cyberindo Persda Nusantara.
  2. Andry Priyanto, adalah seorang Trainer Barista berpengalaman yang juga merupakan Direktur Pemasaran Kopi Jabodetabek di PT. Cyberindo Persada Nusantara. 
  3. Firdaus, merupakan faounder Persaudaraan Kopi Nusantara.
  4. Rudi Wiguna, Owner Brand Kopi Tanah Air Kita.
  5. Ade Hilam Susanto, Head Barista The Bencoolen Coffe.
Syarat Mengikuti Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi by Bencoolen Coffe

Untuk mengikuti pelatihan ini tidak ada syarat khusus, pelatihan dilakukan secara online sehingga peserta cuma harus memiliki kelengkapan komputer dalam mengakses materi, berupa: 
  • Koneksi internet yang stabil 
  • Gadget (Handphone / Laptop)
  • Mengunduh aplikasi ZOOM
  • Buku dan Alat Tulis untuk mencatat

Setelah mengetahui serba-serbi tentang pelatihan barista dan usaha warung kopi by Bencoolen Coffe, masih yakin belum mau daftar ? Segera daftarkan dirimu!.



Rani Oktapiani
Hanya seorang seperti kebanyakan orang

Related Posts

2 komentar

  1. Apa pelatihan ini beneran ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silahkan buka wesitenya https://prakerja.bencoolencoffee.com/ 😁

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ?

Subscribe Our Newsletter