Review Buku Karya Najwa Zebian: Mind Platter (Bejana Pikiran)

Mind Paltter
Gambar Sampul Depan Buku Mind PaltterTambahkan teks

Buku Mind Paltter adalah koleksi buku pertama yang ditulis oleh Najwa Zebian. Ia adalah seorang penulis, pembicara dan pendidik yang berkebangsaan Lebanon-Kanada. 

Buku ini dilatar belakangi dari kesunyian yang dirasakan Najwa ketika berumur 16 tahun ia harus berada pindah ke Kanada dan merasakan kesunyian dalam dirinya, tetapi kemudian mampu menjalani hal tersebut hingga berhasil menyelsaikan pendidikanya dan menjadi seorang pengajar.

Pada websitenya Najwa juga sering meng-upload podcast dengan tema serupa dengan puisi-puisinya.

Identitas Buku

Judul Buku: Mind Platter (Bejana Pikiran)
Penulis: Najwa Zebian
Penerbit: Grasindo Publisher
Bahasa: Indonesia
Terbit: 12 Agustus 2019
ISBN: 9786020516899
Tebal: 224 halaman
Harga: Rp99.000

Review Buku Karya Najwa Zebian: Mind Platter (Bejana Pikiran) 

Pada buku ini kata-kata pertama setelah judul yang kutemukan adalah (tertulis di bagian belakang buku):
Pada akhirnya, tak seorang pun akan mekakukan perjalanan untukmu. Kau Sendiri yang harus melakukanya. Pada akhirnya, tak seorang pun akan bermimpi untuk mu kau sendiri yang harus melakukanya.
Selanjutnya halaman demi halaman pada buku tidak kalah inspiratif. Pembaca akan seolah terbawa pada sebuah perjalanan panjang. Perjalanan tersebut dikemas dari berbagai sudut pandang yaitu murid, pendidikan dan manusia sebagai seorang yang menjalaninya. Menemui berbagai kondisi dalam sebuah kehidupan kemudian bagaimana kita harus menghadapinya.

Dalam tafsiranku, apa yang dituliskan Najwa Zebian pada buku Mind Platter ini adalah sebuah realitas yang sangat dekat dengan sudut pandang siapa pun termasuk diriku sendiri, sehingga puisi-puisi pada buku ini terasa sangat tepat menyentil bagian tertentu pada diriku. Salah satunya pada puisi yang berjudul: Lengakapi harapanmu
Jangan pernah membuat harapan lalu melupakanya karena ia akan melupakan mu juga.
Puisi Lengkapi Harapanmu
 
Relate banget sama kondisiku saat ini, dalam kondisi seperti sekarang (di tengah pandemi) jadi rajin ngubek-ngubek catatan-catatan lama dan menyadari ada begitu banyak impiani yang terlupakan sehingga deretan harapan tersebut sepertinya juga telah melupakan ku. 

Inspirasi yang disebarkan Najwa melalui buku ini lengkap, hanya saja kadang-kadang agak sedikit kebingungan oleh bahasa terjemahanya dibagian tertentu rasanya bisa sedikit lebih sesuai. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi sedikitpun kebijaksanaan yang dimunculkan dalam buku ini, seperti kata Sapardi Djoko Damono "ketika puisi diterjemahankan kedalam bahasa lain maka puisi tersebut menjadi milik bahasa tersebut".

Kesimpulanya buku ini menawarkan banyak makna yang terkandung dari berbagai kisah yang di ceritakan oleh Najwa Zebian dalam Mind Platter (Bejana Pikiran), pembaca dapat memungutnya satu persatu ketika membacanya.

Sekedar saran ketika membaca buku sejenis ini, jangan membacanya terburu-buru. Nikmati saja satu persatu judulnya. 

Selamat membaca, semoga dengan membacanya kamu dapat mengambil pesan yang coba disampaikan penulis dan dapat menerapkanya suatu saat.


Rani Oktapiani
Hanya seorang seperti kebanyakan orang

Related Posts

4 komentar

  1. Haloo kak, ini bukunya tentang self improvement kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak, bukan kak.
      Buku ini isinya kumpulan puisi/prosa

      Hapus
  2. Mearik nih bukunya ya... Jadi ini buku terjemahan kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak buku terjemahan, Aslinya dalam bahasa Inggris

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, bagaimana menurut mu ?

Subscribe Our Newsletter