Obat-Obat Herbal Yang Dipercaya Meringankan Gejala Covid, Benarkah ?

Konten [Tampil]

Pandemi yang melanda dunia menyebabkan berbagai aktivitas masyarakat terhambat dari berbagai lini. Tidak heran berbagai pihak berusaha untuk segera keluar dari kondisi ini. Para ilmuan secara sains berusaha untuk menemukan formula yang cocok untuk dapat mengatasi dan mencegah  Covid berkembang.

Tidak hanya obat-obatan secara medis, berbagai obat-obat tradisional dan juga jamu menjadi sesuatu yang banyak dibicarakan manfaatnya dalam mencegah atau mengobati infeksi Covid 19 ini. Namun, penggunaan obat-obat tradisional ini tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter ya !

Berikut ini adalah beberapa obat dan jamu tradisional yang dipercaya meringankan gejala covid. 

Qhusthul Hindi

foto: blibli.com


Salah obat herbal yang dipercaya meringankan gejala covid oleh kebanyakan kalangan masyarakat adalah Qhusthul Hindi. Qust Al Hindi atau Qusthul Hindi adalah sebuah batang hitam yang berasal dari tanaman Costus di India. Qutshul Hindi memiliki ilmiah Saussurea costus atau Saussurea lappa.

Qusthul hindi mengandung senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan Sebagaimana memiliki sifat yang sama dengan obat antiinflamasi non steroid. 

Mengkonsumsi Qutshul Hindi ketika sedang positif terinfeksi Covid menurut Dokter 
dr Inggrid Tania dalam salah satu artikel yang dilansir oleh CNN Indonesia adalah diperbolehkan, namun karena secara medis belum ada penelitian lebih lanjut tentang obat ini dalam mencegah kita dari  terinfeksi Covid maka tujuan penggunaan obat herbal ini adalah untuk pengobatan. Artinya ketika terkonfirmasi positif pasien diperbolehkan mengonsumsinya, namun sekali lagi baiknya dengan saran dari dokter. 

Qusthul Hindi dapat dikonsumsi tiga kali sehari untuk mengurangi gejala demam, batuk, dan sakit tenggorokan pada pasien yang terinfeksi Covid.

Tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi batuk-pilek.

Takaran yang disarankan adalah 1/2-1 sdt Qutshul Hindi  yang dilarutkan dalam air. Aduk dan biarkan hingga mengendap. Pasien Covid bisa meminum bagian atasnya, bukan endapannya.

Rasa herbal ini cenderung pahit. Untuk mengurangi rasa pahitnya, madu dapat ditambahkan ke dalam larutan.

Kunyit dan Sambiloto

obat herbal meringankan covid


Selain qutshul Hindi obat lain yang banyak dipercaya masyarakat dapat meringankan gejala covid adalag kunyit dan sambiloto.

Kedua tanaman herbal ini cukup mudah didapatkan di masyarakat Indonesia. Pada ariktikel yang sama Dr. Tania menyatakan bahwa mengonsumsi kunyit dan sambiloto berguna untuk mengurangi efek samping yang biasanya ditimbulkan oleh obat medis yang diberikan kepada pasien covid. Contoh manfaat dari kedua obat herbal ini adalah mual pasca penggunaan obat medis dan juga dapat berperan sebagi anti peradangan. Selain itu juga obat herbal ini dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Ramuan Air Hangat dan Garam

obat herbal meringakan covid


Obat herbal selanjutnya yang dipercaya dapat meringankan gelaja covid oleh masyarakat adalah dengan ramuan air hangat dan garam. 

kedua komposisi dalam ramuan ini boleh jadi adalah ramuan yang dapat dengan mudah ditemukan disetiap rumah. 

Ramuan ini dapat digunakan untuk berkumur, sifatnya adalah sebagai anti septik dan membantu meredakan nyeri misalnya ketika terkenal radang tenggorokan. 

Madu

obat herbal meringakan covid


Obat herbal yang dipercaya meringankan gejala covid lainnya adalah madu. Masyarakat Indonesia pastilah tidak asing lagi dengan produk hasil hutan satu ini. Selain mudah didepatkan madu merupakan herbal yang dikenal karena segudang manfaatnya bagi tubuh manusia.

Dalam kasus pasien covid, madu diberikan guna  sebagai suplemen tambahan untuk menunjang daya tahan tubuh. 

Itulah tadi beberapa obat-obat herbal yang dipercaya dapat meringankan gejala pada pasien yang terinfeksi Covid. Namun penggunaan pada obat-obat herbal ini perlu kembali dicermati dan dikonsultasikan kepada dokter agar penggunaan dapat secara tepat dan pasien covid dapat memperoleh manfaatnya.

Dan juga dalam kasus penanganan covid ini obat-obat medis tetap diperlukan untuk kesembuhan pasien dan obat-obat herbal dapat menjadi penunjangnya sesuai kebutuhan. 


https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210704091221-255-662921/saran-dokter-soal-konsumsi-herbal-saat-isolasi-mandiri.




Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter