Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari

Konten [Tampil]
Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari

Pada postingan ini akan disajikan sebuah contoh resensi novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari atau Dee. Namun sebelum itu perlu diketahui kembali Apa itu resensi buku ?.

Resensi buku adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”. 

Kegiatan menulis sebuah resensi disebut dengan meresensi. Semua genre dan jenis buku dapat diresensi termasuk salah satunya adalah novel.

Sesuai dengan kaidahnya sebuah resensi yang baik dan benar terdiri dari yang pertama yaitu identitas buku, kemudian orientasi yang biasanya berisi tentang highlight singkat dari buku yang akan kita resensi, kemudian terdapat sinopsis dan yang terakhir yaitu itu analisis kelebihan dan kekurangan buku atau novel.

Berikut akan disajikan sebuah contoh resensi novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari.

Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari

Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Bagian Identitas 

Judul: Perahu Kertas
Penulis: Dewi lestari
Tahun terbit: 2010
Penerbit: Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati
Jumlah halaman: 440 halaman

Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Bagian Lead atau Orientasi

Novel Perahu Kertas merupakan salah satu karya penulis terkenal yaitu Dewi Lestari atau juga dikenal dengan nama Dee. Cerita dari novel Perahu Kertas ini juga telah difilmkan pada tahun 2012 dengan disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan deretan artis papan atas sebagai pemeran nya.

Adipati Dolken Maudy Ayunda dan Reza Rahardian merupakan di antaranya. Bahkan film Perahu Kertas ini cukup menuai sukses dibuktikan dengan kelahiran film Perahu Kertas 2.

Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Bagian Ringkasan atau Alur Cerita

Novel ini mengisahkan tentang pasang surut hubungan percintaan antara dua manusia yang bernama Kugy dan Keenan.

Cerita dalam novel Perahu Kertas ini bermula ketika Keenan yang karena kesepakatan dengan sang ayah ia harus pulang ke Indonesia dari Amsterdam dan melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi di Bandung. Namun dibalik itu Keenan ternyata memiliki bakat dan cita-cita untuk menjadi seorang pelukis.

Tokoh lain dari novel Perahu Kertas ini yaitu Kugy tidak kalah uniknya. iya mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang pendongeng. Pertemuan Kugy dan Keenan terjadi karena Eko dan Noni yang merupakan sahabat Keenan dan sepupu Kugy.

Seiring dengan berjalannya waktu muncullah rasa saling mengagumi dan perasaan cinta antara kugy dan juga Keenan. Namun karena keadaan yang pelik keduanya tidak sempat untuk mengungkapkan perasaan satu sama lain. Bahkan hingga keduanya menjalin hubungan dengan orang lain.

Alur cerita semakin kompleks ketika keduanya terpisahkan oleh jarak. Kisah percintaan dalam novel Perahu Kertas ini mendapati ending yang sangat mengejutkan. Kugy dan Keenan berpasrah diri terhadap kisah percintaan mereka.

Perahu Kertas sendiri berhubungan dengan hobi Kugy yang suka membuat perahu kertas dan melayarkannya di sungai.

Contoh  Resensi Novel Perahu Kertas Bagian Analisis Unsur Intrinsik

Alur Cerita Novel Perahu Kertas
Alur cerita yang terdapat dalam novel Perahu Kertas ini merupakan alur cerita maju.

Tema Cerita Novel Perahu Kertas

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu tentang persahabatan percintaan dan kekeluargaan.

Sudut Pandang novel Perahu Kertas

Sudut pandang yang digunakan penulis dalam novel Perahu kertas adalah orang ketiga tunggal.

Gaya Bahasa Novel Perahu Kertas

Dalam novel Perahu Kertas ini bahasa yang disajikan cukup ringan dan mudah dimengerti.

Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Bagian Analisis/ Kekurangan dan Kelebihan

Novel Perahu Kertas ini merupakan novel yang sangat menarik. alur cerita yang penuh dengan kejutan membuat pembaca selalu penasaran untuk melanjutkan ceritanya.

Selain itu konflik-konflik yang terjadi dalam novel ini mengandung banyak pesan yang dapat dipetik hikmahnya oleh pembaca. sehingga setelah membaca novel ini banyak sekali hal yang bisa disadari oleh pembaca mulai dari tentang persahabatan, percintaan,  tekad untuk meraih mimpi, hingga hubungan dengan orang tua.

Tokoh yang disajikan dalam novel Perahu Kertas ini memiliki perkembangan karakter yang unik dan tidak mudah diterka,  menjadikan novel ini semakin menarik untuk dibaca sampai habis.

Namun sayangnya, penggambaran latar tempat yang sering berubah-ubah dan berpindah secara cepat dapat berpotensi membuat pembaca kebingungan. Sehingga hal ini membuat para pembaca kemungkinan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk memahami situasi yang digambarkan.

Itulah tadi contoh resensi novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari.

Contoh review buku lain dapat kalian lihat pada kategori buku di blog ini. 

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter